SUMBAR

PADANG

ADVERTORIAL

Latif

Rupiah Capai Level Terkuat Sejak 2016, Darmin: Ekspektasi Membaik

          Rupiah Capai Level Terkuat Sejak 2016, Darmin: Ekspektasi Membaik
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution.
Iklan Mastilizal Aye
Iklan Mastilizal Aye
Rupiah Capai Level Terkuat Sejak 2016, Darmin: Ekspektasi Membaik
BENTENGSUMBAR. COM - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menjelaskan ihwal menguatnya nilai tukar rupiah beberapa waktu terakhir. Menurut dia, salah satu sentimen yang mendorong penguatan rupiah adalah kondisi di Amerika Serikat.

Belakangan, ujar Darmin, Partai Demokrat berhasil memenangkan House of Representative di AS. "Orang mulai hitung kebijakan galak Trump (Presiden Donald Trump) boleh jadi mulai direm," ujar Darmin di kantornya, Rabu, 7 November 2018.

Sehingga, ia meyakini ekspektasi pasar pun mulai membaik dan perekonomian dunia akan mulai memulih. "Ini semua kan spekulasi, jadi pada saatnya dia akan balik ke fundamentalnya," ujar Darmin.

Berdasarkan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate, kurs meneruskan tren positif dengan berada di level Rp 14.651 per dolar AS pada Kamis, 8 November 2018. Angka itu lebih kuat 113 poin ketimbang Rabu, 7 November 2018. Kala itu, nilai tukar berada di angka Rp 14.764 per dolar AS.

Lonjakan kurs rupiah saat ini juga tercatat lonjakan tertinggi sejak Juni 2016 dan penguatan terbesar dibandingkan dengan mata uang di Asia lainnya. Namun, sepanjang 2018, rupiah mencatatkan pelemahan 7,09 persen terhadap dolar AS.

Menurut Darmin, melemahnya rupiah hingga menembus Rp 15 ribu per dolar AS beberapa waktu lalu memang disebabkan oleh spekulasi para pelaku pasar. Itu disebabkan euforia orang-orang yang mengkhawatirkan beberapa hal, misalnya perang dagang.

Spekulasi itu menyebabkan arus keluar modal dari negara-negara berkembang, misalnya Indonesia. "Orang takut, sehingga pergi dia," kata Darmin. "Tapi kemudian ada yang lihat bahwa (anggapan) ini sudah terlalu jauh, kalau terlambat datang maka enggak dapat untung banyak, jadi masuk dia."

Kendati trennya terus membaik, Darmin enggan memprediksi pergerakan rupiah hingga akhir tahun ini. "Saya enggak mau jawab, ini tergantung kejadian di dunia."

(Sumber: tempo.co)
Follow us:
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...
Iklan Mastilizal Aye
Iklan Mastilizal Aye

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *