Lolos Parlemen, PSI Akan Tolak Praktik Poligami Bagi ASN

Lolos Parlemen, PSI Akan Tolak Praktik Poligami Bagi ASN
BENTENGSUMBAR. COM - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) berkomitmen untuk memperjuangkan larangan poligami bagi pejabat publik hingga Aparatur Sipil Negara (ASN) jika lolos di parlemen. Langkah ini merupakan bentuk keberpihakan partai bagi keadilan perempuan di Indonesia.

“Langkah yang akan kami lakukan adalah memperjuangkan larangan poligami bagi pejabat publik di eksekutif, legislatif, dan yudikatif, serta ASN. Kami akan memperjuangkan revisi atas UU Nomor 1/1974, yang memperbolehkan poligami," ujar Ketua Umum PSI Grace Natalie saat pidato ‘Keadilan untuk Semua, Keadilan untuk Perempuan Indonesia” di Acara Festival 11 PSI di Jatim Expo, Surabaya, Selasa, 11 Desember 2018 malam.

Grace melanjutkan, banyak penyebab yang membuat perempuan mengalami ketidakadilan. Mengutip hasil LBH APIK, salah satunya disebabkan oleh praktik poligami.

"Riset itu menyimpulkan bahwa pada umumnya, praktik poligami menyebabkan ketidakadilan, perempuan yang disakiti dan anak yang ditelantarkan," kata dia.

Karena itu, kata Grace, PSI tidak akan pernah mendukung poligami. Dia menegaskan tak akan ada kader, pengurus, dan anggota legislatif dari PSI yang boleh mempraktikkan poligami.

"Rela tidak ibu kita diduakan? Rela tidak kakak atau adik kita dimadu? Rela tidak anak kita menjadi istri kedua atau ketiga?" tanya Grace kepada kader PSI yang hadir.

"Tidak!" jawab para kader PSI secara serempak.

"Tidak, kita pasti tidak rela! PSI percaya, perjuangan keadilan, penghapusan diskriminasi harus dimulai dari keluarga, dari rumah,” tegas Grace.

(Sumber: gatra.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »