Walkot Banda Aceh Marah Kotanya Disebut Paling Tidak Toleran Nomor 2

Walkot Banda Aceh Marah Kotanya Disebut Paling Tidak Toleran Nomor 2
BENTENGSUMBAR. COM - LSM Setara Institute menempatkan Banda Aceh sebagai kota nomor dua paling tidak toleran di Indonesia. Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengaku tidak terima atas hasil survei tersebut karena sangat merugikan ibu kota Provinsi Aceh.

"Aceh ini nama saja sudah jelas. Aceh (akronim dari) Arab, China, Eropa, dan Hindia. Dari nenek moyang sangat toleran di Kota Banda Aceh. Jangan sekarang, dari nenek moyang kita sangat toleran. Kalau tidak toleran, banyak yang bukan agama Islam di sini tidak akan bisa hidup," kata Aminullah saat ditemui seusai pelantikan kepala desa di Gampong Pineung, Banda Aceh, Aceh, Selasa, 11 Desember 2018. 

Pemerintah Kota Banda Aceh kerap menggelar pertemuan dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) untuk mempererat kerukunan. Selama ini juga belum pernah ada konflik antarumat beragama yang terjadi Kota Banda Aceh. 

"Ada sesuatu hal di Banda Aceh bukan karena umat beragama, tapi antarpribadi. Di Banda Aceh tidak pernah kita dengar terjadi (masalah antarumat beragama). Maka saya protes berat yang dilakukan survei itu, karena itu adalah merugikan Kota Banda Aceh," kata Aminullah dengan nada tinggi. 

Aminullah mempertanyakan indikator, dasar, serta sampel yang digunakan Setara Institute untuk menggelar survei. Menurut Aminullah, kerukunan umat beragama di Banda Aceh sangat penting, terutama dalam rangka menguatkan berbagai sektor pembangunan, pariwisata, membangun infrastruktur, dan mendatangkan investor. 

"Jadi jangan hasil penilaian yang tidak jelas itu bisa merugikan Kota Banda Aceh," ungkap Aminullah. 

LSM Setara Institute melansir daftar kota-kota di Indonesia yang paling toleran dan paling tidak toleran. Hasilnya, Aceh menduduki nomor dua dari bawah. Berikut ini 10 kota dengan skor toleransi terendah:

85. Sabang, 3.757
86. Medan, 3.710
87. Makassar, 3.637
88. Bogor, 3.533
89. Depok, 2.490
90. Padang, 3.450
91. Cilegon, 3.420
92. Jakarta, 2.880
93. Banda Aceh, 2.830
94. Tanjung Balai, 2.817

(Sumber: detik.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »