PADANG

SUMBAR

Iklan Bapenda

Charta Politika: 8 Parpol Lolos ke DPR, PSI-Hanura Belum Aman

          Charta Politika: 8 Parpol Lolos ke DPR, PSI-Hanura Belum Aman
Direktur Riset Charta Politika Muslimin mengatakan PDI Perjuangan (PDIP) masih tertinggi dalam hal elektabilitas, yakni 25,2%.
Charta Politika: 8 Parpol Lolos ke DPR, PSI-Hanura Belum Aman
BENTENGSUMBAR. COM - Lembaga survei Charta Politika merilis hasil survei elektabilitas partai politik. Disebutkan hanya ada delapan partai politik yang akan lolos ambang batas parlemen (parliamentary threshold).

Direktur Riset Charta Politika Muslimin mengatakan PDI Perjuangan (PDIP) masih tertinggi dalam hal elektabilitas, yakni 25,2%. Disusul Gerindra 15,2%, Golkar 9%, PKB 8,1%, NasDem 5,3%, Demokrat 4,5%, PPP 4,3%, dan PKS 4,2%.

"Yang akan lolos hanya sekitar 8 partai, berdasarkan survei hanya PKS sampai PDIP yang peroleh 4 persen ke atas. Perindo, PAN, dan PSI, dengan margin of error 2 persen, mereka masih ada peluang, PAN dan Perindo. Kalau PSI dan Hanura belum aman dan bahkan belum lolos," kata Muslimin di kantor Charta Politika, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (16/1/2019).

Muslimin mengatakan, dari parpol yang berpeluang lolos, yang elektabilitasnya naik karena efek buntut jas (coattail effect) adalah parpol pengusung capres, PDIP dan Gerindra.

"PDIP hampir naik hanya sedikit, 1 persen, dari Oktober sekitar 1 persen dari bulan sebelumnya sempat turun dan naik. Gerindra pada April 12,3 persen, begitu masuk Oktober penetapan calon Gerindra naik 15 persen dan sekarang 15,2 persen," ujarnya.

"PKB diuntungkan karena trennya terus naik dari 7 persen sampai sekarang 8,1 persen, ini bisa dibaca bahwa bisa saja Ma'aruf dongkrak PKB karena diasosiasikan PKB," lanjut Muslimin.

Dia menuturkan parpol lama punya kecenderungan memiliki pemilih loyal. Figur ketum parpol cukup membuat elektabilitas parpol besar masih aman untuk lolos, meski elektabilitas 3 partai lama, seperti Demokrat, PPP, dan PKS, stagnan di 4 persen.

"Ini menggambarkan bahwa parpol lama cenderung punya pemilih loyal, seperti PDIP, Golkar, PPP, dan PAN, mereka punya massa yang cukup loyal faktor figur ketum pengaruh ke pilihan partai," ujar Muslimin.

Meski demikian, Muslimin melanjutkan masih ada peluang untuk parpol yang belum aman untuk lolos parliamentary threshold.

"Tentunya masih ada 16,2 persen peluang bagi parpol untuk menambah suara, masih ada peluang bagi partai lain. Tapi apakah sebaran 16,2 ini akan merata atau ke salah satu parpol," ujarnya.

(Source: detik.com)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *