PADANG

SUMBAR

Iklan Bapenda

Heboh Tonjolan Urat di Pelipis Sandiaga Uno, Dokter Jelaskan Kemungkinannya

          Heboh Tonjolan Urat di Pelipis Sandiaga Uno, Dokter Jelaskan Kemungkinannya
Sandiaga Uno seusai olahraga yang menunjukkan ada tonjolan urat di pelipisnya.
Heboh Tonjolan Urat di Pelipis Sandiaga Uno, Dokter Jelaskan Kemungkinannya
BENTENGSUMBAR. COM - Barbaru ini netizen dihebohkan dengan unggahan video di Instagram Sandiaga Uno seusai olahraga yang menunjukkan ada tonjolan urat di pelipisnya. Sebagian beranggapan, tonjolan urat tersebut menyerupai lafaz Allah.

Terlepas dari persepsi tersebut, spesialis kedokteran olahraga, dr Michael Triangto SpKO, menjelaskan secara medis apa yang kemungkinan terjadi. Menurutnya, tonjolan di pelipis Sandiaga adalah pembuluh darah.

"Itu adalah salah satu varises. Varises adalah pembuluh darah balik (vena) yang terbentuk karena memang kebutuhan di daerah otot tersebut tinggi atau ada bendungan, misalnya kan di betis, di punggung tangan," jelas dokter yang akrab disapa dr Michael tersebut.

"Kenapa di punggung tangan bisa terjadi? Karena tangan kita banyak dipergunakan sehingga aliran darah dari jantung di alirkan lebih banyak ke daerah otot-otot tangan tadi. Itu terjadi biasanya pada orang yang biasanya latihan di gym," lanjutnya.

Perlu dibedakan antara arteri dan vena. Arteri adalah pembuluh dari jantung menuju organ-organ dalam tubuh dan ditandai biasanya dengan denyutan. Itulah yang bisa dirasakan di leher maupun dipergelangan tangan. Sementara vena, terlihat karena berada di bawah kulit. Nah, kumpulan vena dalam jumlah yang banyak itu yang biasa disebut sebagai varises.

"Yang terbentuk di pelipis Sandi itu adalah pembuluh darah vena itu. Kenapa? Mungkin dia banyak berpikir, atau bisa juga karena ada tekanan di tempat lain sehingga dialirkan ke daerah sana," kata dr Michael.

Misalnya, ketika melakukan olahraga dengan intensitas tinggi akan tetapi dalam mengatur napas tidak dilakukan secara tepat, ini bisa menimbulkan varises pada tempat-tempat tertentu. Atau ketika melakukan angkat beban yang tidak dilakukan dengan baik, kemungkinan berefek pada wasir atau hemoroid juga dapat terjadi.

(Source: detik.com)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *