PADANG

SUMBAR

Iklan Bapenda

Walhi Anggap Prabowo Tak Tawarkan Solusi Alternatif

          Walhi Anggap Prabowo Tak Tawarkan Solusi Alternatif
Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Nur Hidayati.
Walhi Anggap Prabowo Tak Tawarkan Solusi Alternatif
BENTENGSUMBAR. COM - Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dianggap belum memberikan tawaran alternatif dalam debat semalam. Program Prabowo dalam masalah lingkungan hidup, energi, sumber daya alam, infrastruktur dan pangan tidak jauh berbeda dari Joko Widodo sebagai petahana.

Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Nur Hidayati mengatakan, apa yang disampaikan Prabowo dalam debat semalam hanya tataran jargon. Ia tidak melihat adanya inovasi dari Prabowo atas permasalahan lingkungan hidup.

"02 minim tawaran alternatif. Kami tak melihat perbedaan yang signifikan antara 01 dan 02 dalam membangun ke depan. Jadi tatarannya masih di jargon," kata Nur Hayati di Kantor Walhi, Jakarta, Senin, 18 Februari 2019. 

Menurut dia, debat harusnya menjadi peluang Prabowo untuk memaparkan secara detail cara mengatasi masalah lingkungan hidup. Namun, Prabowo hanya mengulang-ulang jargon.

"Yang kami inginkan bagaimana caranya. Semua capres akan bicara itu, untuk kesejahteraan rakyat. (Yang diinginkan adalah) bagaimana capres no 02 ini memiliki metode atau model yang berbeda dari nomor 01 ini. (Kalau sama) jadi, ya hanya sekadar jargon," ucap dia.

Sementara itu, di sisi lain, Jokowi sebagai petahana hanya mempromosikan apa yang telah dicapai selama 4,5 tahun menjadi Presiden. Hal itu dinilai wajar, tetapi kata Nur Hayati, seharusnya Jokowi juga tak menutup mata terhadap dampak negatif yang disebabkan pembangunan.

"Karena proses pembangunan masih menyisakan konflik. Misal pembangunan jalan yang membuka hutan, alam, di Papua dan Kalimantan, itu justru membuat adanya potensi kerusakan lingkungan jangka panjang yang lebih besar. Dan, dalam pembangunan itu konflik agraria, penggusuran, bahkan kriminalisasi nasih terjadi," terangnya.

(Source: medcom.id)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *