PADANG

SUMBAR

Iklan Bapenda

Data Resmi TNI Sebut Prabowo Sudah Menang, Berikut Fakta Sebenarnya

          Data Resmi TNI Sebut Prabowo Sudah Menang, Berikut Fakta Sebenarnya
Beredar Artikel Hoaks di Blogspot dengan Judul: Menurut Data Resmi TNI Prabowo Sudah Menang, Tidak Perlu Ada Pemilu Ulang (foto: tniad.mil.id/Istimewa)
Data Resmi TNI Sebut Prabowo Sudah Menang, Berikut Fakta Sebenarnya
BENTENGSUMBAR.COM - Beredar sebuah artikel blog bernama pettrok(dot)blogspot(dot)com yang diberi judul “Menurut Data Resmi TNI, Prabowo Sudah Menang, Tidak Perlu Ada Pemilu Ulang!”. Artikel blogspot ini juga beredar di grup-grup WhatsApp dan Facebook.

Seperti yang diunggah oleh akun Facebook bernama Umi Jamilah pada Selasa 23 April 2019. Dalam unggahannya, akun Umi Jamilah menyertakan narasi yang menyebut bahwa TNI memang tidak bisa diragukan lagi kesetiaannya kepada rakyat.

"Alhamdulillah ya Allah, TNI memang tidak bisa diragukan lagi kesetiaannya kepada rakyat 👆".

Hasil tangkapan layar yang diunggah pun terdapat foto Dandrem 162/WB Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani. Hingga saat ini, unggahan Umi sudah dibagikan lebih dari 7 ribu kali per tangkapan ini dibuat, Jumat, 26 April 2019.

Namun setelah dilakukan pemeriksaan, artikel terhadap blogspot tersebut telah dihapus. Kendati demikian, menanggapi dengan munculnya informasi tersebut, pihak terkait yang fotonya digunakan dalam artikel blogspot tersebut pun angkat bicara.

Data Resmi TNI Sebut Prabowo Sudah Menang, Berikut Fakta Sebenarnya

Melansir dari berbagai media online nasional, Danrem 162/WB melalui Kapenrem 162/WB yakni Mayor Inf Dahlan menegaskan bahwa artikel tersebut tidak benar. Menurutnya Danrem tidak pernah menyebut seperti apa yang ditulis pada blog tersebut. Dari hasil penelusuran internet yang dilakukan oleh TNI, artikel tersebut dimuat pada Senin 22 April 2019.

“Semua berita yang dimuat tidak benar oleh oknum yang menggunakan pettrok(dot)blogspot(com), dan tidak ada kaitannya sama sekali dengan foto yang di-upload berita yang tidak benar tersebut,” ujar Mayor Dahlan, Selasa 23 April 2019.

Mayor Dahlan menambahkan, foto Danrem bersama anggota KPU pada blog tersebut membahas tentang kesiapan pemilu di NTB maupun distribusi logistik ke seluruh KPUD Kabupaten/Kota yang harus di monitor oleh satuan Kodim di wilayah.

Sementara itu, berdasarkan penelusuran foto Danrem seperti yang dimuat dalam blogspot itu, mengarahkan foto tersebut pada alamat situs milik TNI Angkatan Darat yakni tniad.mil.id dengan judul Danrem 162/WB : Korem 162/WB Beserta Jajaran Siap Amankan Pemilu dan Pilpres 2019.

Dalam artikel milik TNI AD tersebut dijelaskan bahwa Korem 162/WB siap membantu pengamanan dalam Pemilu, baik Pemilihan Legislatif maupun Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019 di wilayah Nusa Tenggara Barat.

Data Resmi TNI Sebut Prabowo Sudah Menang, Berikut Fakta Sebenarnya

Hal tersebut disampaikan oleh Danrem 162 Kolonel Czi Ahmad Rizal Ramdhani, saat melaksanakan kunjungan kerja ke Komisi Pemilihan Umum KPU Provinsi NTB pada Minggu 6 Januari 2019.

Bentang Febrylian, anggota Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) menyebutkan, bahwa artikel blogspot yang dibagikan netijen di media sosial itu kategorinya adalah Fabricated Content.

"Di mana konten yang didesain untuk menipu," terangnya dalam debunk di grup Facebook Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoaks.

(Source: okezone.com)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *