KPU Tanggapi Prabowo Unggul di Situs Resmi: 1 Persen Saja Belum

KPU Tanggapi Prabowo Unggul di Situs Resmi: 1 Persen Saja Belum
BENTENGSUMBAR.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menegaskan penghitungan suara di situs resmi atau situng pemilu2019.kpu.go.id belum final. Hingga pukul 23.00, suara yang masuk baru 0,02225 persen.

Situs resmi Pemilu 2019 itu mencatat keunggulan 55,27 persen sementara Prabowo Subianto- Sandiaga Uno, sementara Joko Widodo- Ma'ruf Amin 44,73 persen.

"Kalau misalnya berkembang screenshot salah satu paslon, itu yang penting itu belum hasil final. Bahkan 1 persen saja belum," kata Komisioner KPU Viryan Aziz di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Rabu, 17 April 2019.

Viryan menegaskan hasil yang tertera saat ini belum mencerminkan hasil final. Sebab hingga saat ini suara yang masuk masih kurang dari 1 persen dari total 813.350 TPS yang ada di Indonesia.

Ditemui terpisah, Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi menyebut penghitungan suara akan terus berlanjut.

Pram menyampaikan urutan situng, yakni setelah form C1 selesai dicatat, petugas TPS akan membuat beberapa salinan. Salah satu salinan dibawa ke Kantor KPU kota/kabupaten untuk dipindai. Lalu dikirim ke pusat untuk ditayangkan dalam situs resmi.

"Situng itukan berbasis C1 yang di-scan. Kalau berbasis C1 yang di-scan, kan harus menunggu proses penghitungan suara di TPS selesai," ujarnya.

KPU kembali menegaskan data penghitungan suara di situs pemilu2019.kpu.go.id resmi dari KPU. Namun KPU tak akan menetapkan hasil Pemilu 2019 akhir dari hasil di situs tersebut.

KPU akan menetapkan hasil pemilu dari penghitungan suara secara fisik atau manual. Mereka akan merekapitulasi surat suara dari tingkat TPS hingga tingkat nasional pada rentang 17 April-22 Mei 2019. 

(Source: merdeka.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »