Digugat, Ini Hasil Foto Editan 'Kelewat Cantik' yang Loloskan Evi ke Senayan

Digugat, Ini Hasil Foto Editan 'Kelewat Cantik' yang Loloskan Evi ke Senayan
BENTENGSUMBAR.COM - Wakil Ketua DPD Farouk Muhammad gagal ke Senayan lagi mewakili NTB. Dia berdalih karena pesaingnya, Evi Apita Maya, memasang baliho dengan editan foto kelewat cantik sehingga masyarakat terkecoh.

"Dalam pelanggaran administrasi ini dilakukan satu tindakan berlaku tidak jujur bahwa calon anggota DPD RI dengan nomor urut 26 atas nama Evi Apita Maya diduga telah melakukan manipulasi atau melakukan pengeditan terhadap pasfoto di luar batas kewajaran. Ini akan dibuktikan dengan keterangan ahli, Yang Mulia," kata kuasa hukum Farouk, Happy Hayati Helmi, yang dikutip dari risalah sidang Mahkamah Konstitusi (MK), Senin, 15 Juli 2019.

Hakim konstitusi I Dewa Gede Palguna mengaku kaget terhadap kasus tersebut. Ia mengaku baru tahu ada kasus kekalahan di pemilu karena foto baliho yang kelewat cantik.

"Kaget juga saya ini kalau ternyata foto bisa berurusan jadi anu juga, ya. Ya, benar. Saya baru tahu itu. Jadi, kalau saya nanti fotonya nggak begini itu misalnya, gimana itu, ya? Bisa jadi editan foto. Saya baru tahu itu ketentuannya," kata Palguna.

Palguna mengaku tidak punya kapasitas menilai seberapa besar tingkat keaslian sebuah foto. Palguna menyerahkan kepada para pihak untuk membuktikan apakah ada pengaruh foto 'kelewat cantik' pada perolehan suara.


Digugat, Ini Hasil Foto Editan 'Kelewat Cantik' yang Loloskan Evi ke Senayan
"Kalau Mahkamah memeriksa foto itu begini paling, 'Oh, ya, ini bagus, kalian begitu, kan? Siapa itu, mungkin ada kewenangan Bawaslu ataukah ininya. Karena kami berkaitan dengan suara, tapi, ya, kaitannya dengan suara bagaimana itu kan nanti ada dalilnya tersendiri. Itu akan dipertimbangkan oleh Mahkamah kalau memang anu kan," ujar Palguna.

Dalam foto baliho yang didapat detikcom, Evi tampak mengenakan jilbab warna krem dibalut dengan warna kebaya hijau. Mukanya tampak kuning langsat. Matanya berbinar dan mukanya tanpa noda. Tapi apakah gara-gara foto itu warga NTB memilihnya, yang berakibat Faoruk gagal kembali ke Senayan?

"Makanya penting nanti mungkin Termohon dan Bawaslu untuk menjawab itu (foto editan berpengaruh ke suara)," kata Palguna.

(Sumber: detik.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »