PADANG

SUMBAR

Iklan Bapenda

Sri Mulyani Siapkan Rp10 Triliun untuk Kartu Pra Kerja

          Sri Mulyani Siapkan Rp10 Triliun untuk Kartu Pra Kerja
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku telah menyiapkan anggaran khusus untuk mendukung program pemerintah.
Sri Mulyani Siapkan Rp10 Triliun untuk Kartu Pra Kerja
BENTENGSUMBAR.COM - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengaku telah menyiapkan anggaran khusus untuk mendukung program pemerintah Presiden terpilih Joko Widodo. Salah satunya adalah Kartu Pra Kerja yang anggarannya disiapkan sebesar Rp10 triliun dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020.

Hal itu diungkapkan Sri Mulyani usai rapat terbatas yang membahas soal pagu indikatif tahun anggaran 2020. "Kita akan mendesain (APBN) 10 T untuk Kartu Pra Kerja," kata Sri Mulyani di Jakarta, Senin 15 Juli 2019.

Kartu Pra Kerja diketahui menjadi salah satu program yang gencar disampaikan Jokowi saat kampanye terbuka di Pilpres 2019. Kartu ini disebut akan diberikan kepada warga yang sudah lulus, namun masih belum mendapat pekerjaan dan akan diberi pelatihan. 

Dalam rancangannya saat ini, Sri Mulyani membeberkan dialokasikan sebanyak 1 juta warga yang memperoleh kartu Pra Kerja akan mengikuti pelatihan digital dan satu juta lainnya akan menempuh pelatihan reguler. "Saat ini desain program masih dibahas antar menteri terkait di bawah Koordinator Menko Perekonomian," imbuh Sri Mulyani. 

Lalu untuk beberapa pos lain yang menjadi janji kampanye dari Presiden Jokowi saat kampanye juga dipastikan akan ditindaklanjuti oleh pemerintah. Seperti Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah juga akan ditambah jumlahnya dari saat ini yang mendapat beasiswa pemerintah hanya 380 ribu siswa. 

"Ada tambahan baru sekitar 400.000 siswa. Ini yang akan kita jaga dalam 4 tahun ke depan. Dengan demikian akan ada dua kali lipat beasiswa untuk KIP Kuliah," kata Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu. 

Sementara itu, Sri melanjutkan bahwa untuk kartu sembako pihaknya sedang mendesain bagaimana sistem pelaksanaan kartu sembako.  Selama ini masyarakat mengenal bantuan berupa rastra (beras sejahtera) namun jumlah dan manfaatnya dipastikan akan diperluas. 

"Jadi jumlah rumah tangganya maupun dari sisi jumlah manfaat yang akan diberikan per keluarga akan ditingkatkan pada 2020," tuturnya.

(Source: viva.co.id)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *