PADANG

SUMBAR

Iklan Bapenda

TNI Peringatkan Penyebar Hoax Video 'WN China Pakai Truk TNI'

          TNI Peringatkan Penyebar Hoax Video 'WN China Pakai Truk TNI'
Foto: Panglima TNI memimpin apel pasukan.
TNI Peringatkan Penyebar Hoax Video 'WN China Pakai Truk TNI'
BENTENGSUMBAR.COM - Jagat media sosial diramaikan video konvoi truk TNI tanpa nomor polisi yang dibumbui narasi ditumpangi WN China. TNI menyatakan video tersebut hoax.

Dilihat pada Minggu, 14 Juli 2019 berdurasi 54 detik tersebut tampak diambil dari kursi depan mobil yang ada di belakang truk. Video menyoroti konvoi truk tanpa pelat nomor yang disebut-sebut truk TNI. Orang yang berbicara di dalam video tersebut mengatakan truk itu kelihatannya mengangkut orang China.

"Ini ada rombongan mobil tentara tanpa pelat nomor ke arah Bandung yang isinya ini kelihatannya China China ini, keluarga China ini. Tuh, yang asli ini, wallahualam ini mau di bawa ke mana ini. China semua ini," kata orang yang berbicara dalam video itu.

TNI melalui akun Instagram @puspentni memastikan video tersebut hoax. TNI mengingatkan para penyebar hoax soal ancaman hukuman. Berikut penjelasan TNI soal video tersebut:

Klarifikasi TNI terhadap beredarnya video yang dibuat orang tidak bertanggung jawab 'Konvoi Truk TNI Tanpa Nopol':

1. Truk tersebut bukan kendaraan operasional TNI baik AD/AL/AU karena yang ada di video tersebut jenis Mitsubishi Colt tahun pembuatan 1995-1998, sedangkan di TNI sudah tidak dipakai dan sudah dihapus dari daftar inventaris di jajaran TNI baik AD/AL/AU.

2. Mobil jenis angkutan di TNI baik AD/AL/AU sesuai aturan dinas tidak ada velg di roda kendaraan diberi warna merah

3. Setiap kendaraan TNI bila keluar dari satuan wajib melengkapi semua (termasuk plat No/SIM/STNK) sesuai aturan yang berlaku

4. Mobil jenis angkutan di TNI baik AD/AL/AU sesuai aturan dinas harus dilengkapi dengan identitas satuan

"Orang yang mengambil dan menyebar berita yang belum tentu kebenarannya (hoax) dapat dihukum sesuai dengan pasal 27 ayat 3 UU ITE," tulis Puspen TNI dalam unggahan klarifikasinya.




(Source: detik.com)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *