Dua Anak Amien Rais Rebut Kursi DPRD DIY

Dua Anak Amien Rais Rebut Kursi DPRD DIY
BENTENGSUMBAR.COM - Politisi PAN sekaligus anak dari Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, Hanum Salsabiela dan Ahmad Baihaqy Rais ditetapkan sebagai caleg terpilih DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Keduanya merebut kursi dari total 55 kursi legislatif periode 2019-2024. 

Dalam rapat Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih Anggota DPRD DIY Pemilu 2019, di Hotel Royal Ambarrukmo, Sleman, Hanum mendulang 23.567 suara atau suara sah terbanyak dari Dapil 6 Kabupaten Sleman.

Sedangkan adiknya, Ahmad Baihaqy memperoleh 12.505 suara dari Dapil 4 Kabupaten Kulon Progo. Namun suara Baihaqy masih di bawah dua caleg PDIP, Novida Kartika dengan perolehan 22.690 suara dan Sudarto dengan 17.476 suara.

Hasil rekapitulasi KPU DIY, PAN total merebut tujuh kursi DPRD DIY.

Sementara partai peraih kursi terbanyak adalah PDIP yang unggul di tujuh daerah pemilihan (Dapil) DIY, yakni Dapil 1, Dapil 5 dan Dapil 7 masing-masing memperoleh tiga kursi, serta Dapil 2, 3, 4 dan Dapil 6 masing-masing dua kursi.

Selanjutnya, Partai Gerindra dan PKS masing-masing memperoleh tujuh kursi, PKB peroleh enam kursi, Golkar lima kursi, Nasdem tiga kursi, PPP satu kursi, PSI satu kursi dan Partai Demokrat satu kursi.

Sedangkan Partai Berkarya, Garuda, Perindo, PBB gagal meraih kursi. Untuk Partai Hanura dan PKPI, tidak diikutkan dalam penghitungan kursi karena tidak menyerahkan laporan penggunaan dana kampanye kepada KPU.

"Setelah penetapan calon terpilih, KPU akan sampaikan seluruh dokumen terkait ke Gubernur DIY untuk dapat diproses pengambilan sumpah janji menjadi anggota DPRD DIY periode 2019-2024," kata Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan, Sabtu, 10 Agustus 2019 sore.

Total Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 di DIY sebanyak 2,7 juta orang pemilih. Tingkat partisipasi sebesar 86 persen, naik 6 persen jika dibandingkan Pemilu 2014 atau lebih tinggi dari target partisipasi nasional sebesar 77,5 persen.

(Source: detik.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »