Komaruddin Hidayat Sebut Politik Identitas Hambat Kemajuan Bangsa

Komaruddin Hidayat Sebut Politik Identitas Hambat Kemajuan Bangsa
BENTENGSUMBAR.COM - Rektor Universitas Islam Internasional Indonesia Prof Komaruddin Hidayat menegaskan, politik identitas menjadi salah satu hambatan bagi kemajuan Indonesia.

"Dalam politik, kalau yang menonjol [adalah] identitas sektarian, maka semakin berat bebannya bagi negara. Identitas sektarian menambah beban dan problem negara," ujar Komaruddin Hidayat dalam konferensi pers Gerakan Suluh Kebangsaan di Hotel JS Luwansa, Jakarta Selatan, Kamis, 16 Agustus 2019.

Komaruddin membandingkan antara Indonesia dan beberapa negara maju seperti Jepang yang sudah solid secara identitas kebangsaan. Mereka fokus memajukan bangsa dalam pendidikan dan ekonomi.

Sementara Indonesia, ujar Komaruddin, ketika sebagai bangsa belum solid, akan memakan banyak energi untuk menjaga kerukunan dan toleransi.

"Banyak energi kita terkuras ke arah sana. Indonesia masih sebagai nation yang dalam proses menjadi [bangsa yang solid]," tandas Komaruddin.

Komaruddin juga menekankan pentingnya politik untuk lebih fokus menguatkan demokrasi yang berwibawa, bebas dari korupsi, profesional, dan punya penyelenggaraan pemerintahan yang efektif.

Ia juga mengatakan, partai politik yang memiliki kewenangan besar dalam demokrasi, agar melakukan perbaikan dan benar-benar memikirkan bangsa dan negara.

"Jangan sampai parpol hanya sibuk mengatur dirinya. Kalau itu yang terjadi, dia mengkhianati founding fathers yang mendirikan negara ini. Sebab, parpol diberi kewenangan besar sekali. Hendaknya mereka orang yang profesional dan kredibel," pungkas Komaruddin.

(Source: gatra.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »