Konflik Papua, Mahfud MD: Bersatu Dulu, Jangan Targetkan Siapa Salah

Konflik Papua, Mahfud MD: Bersatu Dulu, Jangan Targetkan Siapa Salah
BENTENGSUMBAR.COM - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menyatakan keprihatinannya atas konflik yang terjadi di Papua. 

Masyarakat diminta untuk menahan diri dan tidak saling menuding pihak yang dianggap bersalah.

“Saya harap semua bisa menahan diri dan tujuannya harus bersatu,” kata Mahfud MD usai menjadi pembicara dalam Seminar Nasional “Pendidikan Bangsa dalam Menyiapkan SDM Indonesia Menghadapi Revolusi Industri 4.0” di Kota Semarang Jawa Tengah, Kamis, 22 Agustus 2019.

“Jangan dulu menargetkan siapa yang salah dan siapa yang benar tidak usah dulu. Bersatu dulu soal salah benar nanti,” tegas dia.

Mahfud menyebut tidak semua konflik harus berakhir melalui proses hukum. 

Terlebih, masyarakat juga memiliki kearifan lokal masing-masing yang diharapkan bisa menjadi solusi untuk mengakhiri permasalahan.

“Kan hukum itu ada tiga dimensi. Satu kepastian, itu harus ditindak kalau ada pelanggarannya. Kedua keadilan, keadilan harus ditindak, yang ketiga kemanfaatan,” tandasnya.

“Di saat bisa (hukum) pasti, tapi kalau tidak bermanfaat bagi negara dan bangsa dicarikan jalan keluar tanpa hukum tapi jalan politik, jalan sosial budaya, dan keagamaan serta kearifan masyarakat kita,” pungkasnya.

(Source: okezone.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »