PDIP Nggak Bakal Peduli Andai Nasdem Benar Jadi Oposisi

PDIP Nggak Bakal Peduli Andai Nasdem Benar Jadi Oposisi
BENTENGSUMBAR.COM - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri tampak bahagia dengan kehadiran Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di Kongres V PDI Perjuangan di Inna Grand Bali Beach.

Kebahagian itu bahkan diperlihatkan Mega dengan beberapa kali menyapa, bahkan mencandai Prabowo. Tidak hanya itu, mantan Danjen Kopassus itu juga menjadi satu-satunya ketum yang disapa oleh Mega. 

Sementara di satu sisi, kehadiran Prabowo yang notabene bukan pendukung koalisi pengusung Jokowi-Maruf Amin seperti membuat Ketua Umum Nasdem Surya Paloh kesal. Bos Media Group itu beberapa kali tertangkap kamera sedang cemberut saat menyaksikan pidato Mega.

Namun begitu, pengamat politik Ade Reza Hariyadi menilai Surya Paloh dan Nasdem tidak dalam posisi memiliki kekuatan efektif untuk melawan dominasi PDIP.

“Karena suara Nasdem yang tidak terlalu besar, " ujar pengamat politik Ade Reza Hariyadi kepada Kantor Berita RMOL pada Minggu, 11 Agustus 2019.

Sehingga, jika Nasdem benar-benar akan menjadi oposisi seperti yang selama ini diisukan, maka PDIP tidak terlalu mempedulikan. Apalagi jika PDIP dan Jokowi mampu mengunci tiga partai besar.

"Pertama yakni PDI-P sendiri, kedua Golkar dan ketiga Gerindra. Ini menjadi kekuatan mayoritas di parlemen maupun di pemerintahan," Tambahnya.

Jadi posisi tawar Nasdem tidak terlalu efektif  dan tidak sekuat posisi tawar partai lain, terutama Golkar dan Gerindra yang memang memiliki kursi yang lebih besar.

"Dan  yang pasti lebih menjanjikan untuk menciptakan stabilitas di parlemen maupun di pemerintahan, " pungkasnya.

(Source: rmol.id)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »