Bos Pertamina Pamer Tak Lagi Impor Solar dan Avtur

BENTENGSUMBAR.COM - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan, optimalisasi kilang membuat minyak mentah (crude) yang diolah semakin banyak. Selain itu, optimalisasi kilang membuat Pertamina tak lagi impor produk solar dan avtur.

Hal itu diungkapkan Nicke saat rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi VI.

"Kita mulai Maret 2019 sudah tidak lagi mengimpor solar. Dan April 2019 kita setop impor avtur, jadi dua produk itu kita mandiri. Jadi walaupun tambahan kilang baru belum dimulai, tapi kita optimalkan yang ada," kata Nicke di Komisi VI Jakarta, Selasa, 25 Februari 2020.

Nicke melanjutkan, untuk menurunkan impor, Pertamina kini membeli produksi minyak mentah dalam negeri. Sebelumnya, sebagian mentah didatangkan dari impor.

"Salah satu upaya menurunkan impor Pertamina mulai 2019 memprioritaskan crude domestik, sebelumnya crude-crude ini dari hasil KKKS ekspor, di sisi lain Pertamina beli impor," ujarnya.

Nicke bilang, dari skema itu membuat impor minyak mentah turun sebanyak 35%.

"Ini kita optimalkan yang ada dulu, kita bisa lihat 2018 ke 2019 terjadi penurunan impor 35% cukup besar sehingga melakukan penghematan cadangan devisa nasional," ujarnya.

(Sumber: detikcom)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »