Antisipasi Wabah Virus Corona, AJO Ajak Masyarakat Selektif Menerima Informasi

BENTENGSUMBAR.COM - Dalam rangka antisipasi sekaligus pencegahan terhadap Covid-19, anggota Aliansi Jurnalis Online (AJO) Kabupaten Pasaman Barat mengajak masyarakat selektif menerima informasi tentang covid-19 dan tidak mudah terpengaruh informasi hoaks.

Kegiatan pemberian informasi ini, AJO Pasbar membagikan selebaran cara mencegah dan mengenali covid-19 serta cara mencuci tangan yang baik dan benar, itu di lansir dari informasi resmi  Dinas Kesahatan Provinsi Sumbar dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Selebaran itu sengaja di bagikan oleh Insan Pers yang tergabung di PerkumpulAn Jurnalis Online  (AJO)  Pasbar agar masyarakat bisa lebih jeli mengenali dan cara mengantisipasi, serta cara mencuci tangan yang baik dan benar hingga tidak mudah terpengaruh informasi hoaks tentang covid-19, dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.  

Kegiatan tersebut dilakukan di beberapa titik seperti di beberapa kantor pemerintah khususnya instansi-instansi pelayanan publik dan lampu merah Pasaman Baru serta Bundaran Simpang Empat dan pusat-pusat pelayanan umum lainnya pada hari ini, Selasa 17 Maret 2020. 

Kegiatan ini merupakan sumbangsih Insan Pers yang tergabung di PerkumpulAn Jurnalis Online (AJO)  Pasbar dengan membantu  pihak pemerintah maupun tenaga medis dalam bentuk kerja sama dalam mencegah penularan covid-19 di Indonesia khususnya di Pasaman Barat.

Kegiatan membagi-bagikan brosur dan masker ini dilakukan senada dengan yang disampaikan oleh  Dinas Kesehatan ataupun organisasi kesehatan dunia World Health Organization (WHO) yang antara lain mengeluarkan peringatan edukasi untuk mencegah penularan covid-19 yang dapat dilakukan oleh masing-masing individu, diantaranya adalah sering mencuci tangan dengan sabun dan air atau bisa juga menggunakan handrub  berbasis alkohol, Saat batuk dan bersin, tutup mulut dan hidung dengan siku tertekuk atau tisu.

Setelah itu, segera buang tisu dan cuci tangan dan Menjaga jarak dengan siapapun yang menderita demam dan batuk, jika menderita demam, batuk, dan sulit bernapas, dianjurkannya  untuk segera berkonsultasi ke dokter dan ceritakan riwayat kesehatan anda sebelumnya, demikian juga bika berpergian keluar atau ketempat-tempat umum  seperti pasar (terlebih daerah yang saat ini mengalami kasus coronavirus), hindari kontak langsung dengan hewan hidup dan permukaan yang bersentuhan dengan hewan.

Ketua AJO Pasaman Barat M. Fadli mengatakan, sosialisasi ini berupa edukasi kepada masyarakat untuk selektif dalam menerima informasi tentang pencegahan hoaks Covid-19. 

Sebab menurutnya Informasi hoaks ini dinilai bisa menganggu ketenangan masyarakat, dan menyesatkan tentang penyebaran berita Covid-19.

"Kami sebagai jurnalis meminta masyarakat tidak mudah terpengaruh informasi hoaks tentang covid-19, jika ragu silahkan datangi posko Satgas yang didirkan oleh pemerintah daerah setempat," imbaunya. 

M. Fadli menambahkan, anggota AJO Pasaman Barat berupaya memberikan pemahaman maupun edukasi kepada masyarakat agar tidak sembarangan percaya informasi tentang covid-19. 

Ditambahkannya bahwa anggota AJO selain melakukan sosialisasi dengan membagikan brosur juga membagikan masker kepada masyarakat yang membutuhkan atau diduga sedang kurang sehat.

"Kami berharap masyarakat lebih bijak menanggapi covid-19 dan bersama sama mencegah penyebaran covid-19," sebutnya.

"Kami meminta jurnalis agar memberikan informasi menyejukkan dan edukatif bagi masyarakat," himbaunya. 

(Rido)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »