Dandim 0305 Pasaman Gelar Silaturahmi dengan AJO Pasbar

BENTENGSUMBAR.COM - Dandim 0305 Pasaman Letkol Inf Ahmad Aziz menggelar silaturahmi dengan insan pers yang tergabung di Aliansi Jurnalis Online Pasaman Barat (AJO Pasbar) di Auditorium Rumah Dinas Bupati Pasaman Barat, Selasa 24 Maret 2020. 

Pada kesempatan itu, Ahmad Aziz memapaparkan berbagai  rangkaian kegiatan TMMD Ke-107 Kodim 0305 Pasaman dan sosialisasi, edukasi percepatan penanganan Covid 19 oleh TNI Kodim 0305 yang bekerja sama dengan Tim satgas dan masyarakat setempat. 

Pemaparan berbagai kegiatan yang berlokasi di beberapa titilk tersebut dikatakannya bahwa sejak beberapa minggu lalu hingg Selasa, 24 Maret 2020, pihaknya telah menggelar berbagai kegiatan dengan masyarakat seperti penghijauan, dengan cara penanaman pohon, silaturahmi dengan masyarakat, mitigasi dan edukasi terkait Covid-19.

Diterangkan Dandim 0305 Pasaman Ahmad Aziz, kegiatan tersebut merupakan kegiatan Tentara Manunggal Masuk Desa (TMD) dalam bentuk dedikasi bagi perjuangan dan pengorbanan prajurit dalam mempertahankan kedaulatan dan kemerdekaan NKRI, yakni TNI merupakan refleksi kekuatan rakyat. 

“Bagi para prajurit, momentum bersama rakyat ini menjadi pengingat dalam meningkatkan jiwa patriotisme serta jiwa korsa, layaknya Panglima Besar TNI Jenderal Soedirman saat bersama rakyat berjuang merebut dan mempertahankan NKRI,” katanya .

Menurut Dandim, silaturahmi perlu  dilakukan antara eksekutif, legislatif, yudikatif, dan pers, sehingga tercipta sinergitas kedepan yang lebih baik lagi. Sebab, masyarakat perlu informasi, apa saja yang dikerjakan oleh para pemangku kekuasaan. 

"Sehingga apa yang kita kerjakan bisa di ketahui kalayak, tentunya apapun program kita tentunya bisa berdampak bagi kemajuan Kabupaten Pasaman Barat ini khususnya, dan keutuhan NKRI," katanya.

Seperti untuk menjalin kekompakan dan rasa kebersamaan, personel Satgas TNI (TMMD) Manunggal Membangun Desa Kodim 0305 Pasaman menggelar kegiatan komunikasi sosial dengan warga kampung dan nagari yang ada di sekitar lokasi kegiatan.  

"Melalui Kegiatan Komunikasi Sosial (Komsos) yang dilaksanakan di sela-sela kegiatan TMMD tersebut, prosesnya selalu kita lakukan dengan berbaur dan makan siang atau makan malam bersama. Hal itu juga akan membuat rasa nyaman dan aman serta menumbuhkan rasa keakraban para prajurit ini dengan masyarakat," ujarnya.

Kegiatan pembinaan teritorial seperti ini merupakan salah satu bentuk sarana untuk menjaga serta memelihara hubungan baik dengan masyarakat, sehingga proses pembangunan sarana dan prasarana, maupun dalam bentuk program kesehatan, pertanian, ekonomi dan juga ke agamaan dapat berjalan dengan lancar.

Mariadi, salah satu warga Jorong Paraman Sawah Nagari Batahan mengatakan bahwa dirinya sangat senang dan bangga dengan adanya kegiatan TMMD 2020 Kodim 0305 Pasaman.

“Saya dan masyarakat Paraman Sawah sangat senang dan sangat gembira dengan adanya kegiatan TMMD 2020 ini, karena kehadirannya di sini selain membangun fasilitas-fasilitas umum, para personel TNI ini juga melakukan berbagai kegiatan positif serta dalam kesehariannya TNI juga berbaur dengan warga dan menunjukkan sikap yang ramah dan penuh kekeluargaan,” ujarnya.  

Kondisi Aman dan Terkendali

Ahmad Aziz pada kesempatan itu juga mengatakan, situasi dan kondisi di wilayah Kodim 0305/Pasaman sampai saat ini dalam keadaan aman dan terkendali, walaupun cuaca di Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Pasaman Barat dalam kondisi hujan.

Namun, Prajurit Kodim 0305 Pasaman ini tetap melakukan berbagai kegiatan, yang diantaranya, antara lain, saat Serka Isarman dan Sertu juwadi Babinsa Koramil 02/SE ikut mendampinginya melaksanakan pengecekan di pos percepatan penanganan covid - 19 dan sekaligus pengecekan awal suhu tubuh melalui thermo scanner, petugas melakukan pengecekan kesehatan kepada seluruh masyarakat yang  masuk Pasaman Barat, berjalan terkendali dan lancar serta sukses. 

Selanjutnya Koptu Andrianto Babinsa Koramil 07/AB tetap melaksanakan siaga di posko perbatasan percepatan penanganan Covid 19 dan pengecekan kepada para pengemudi untuk mencegah adanya virus Corona bersama Instansi terkait di Jorong Kampung Baru.

Ahmad Aziz juga menambahkan, bahwa, Babinsa Koramil 02/SE Koptu Andi Candra dalam kegiatan melaksanakan Pendampingan petani menanam bibit padi jenis IR 46 luas 0,5 ha milik ibu Wilda di Jorong Pisang Hutan berjalan sukses. 

Termasuk Serda Yunilham Babinsa Koramil 07/AB  dan Sertu Gustisar Babinsa Koramil 01/lbs Kodim 0305/Pasaman melaksanakan pendampingan upsus tanam padi jenis 42 vieretas dengan luas 1 ha mereka Ikut mendampingi warga Ikut manen padi milik Rasidi jenis Silampung luas 0,6 Ha Poktan Karya Sepakat  di Jorong PB I berjalan lancar. Dan Sertu Herri Susanto juga mendampingi Rosni menyiangi padi jenis IR 64 luas 0,7 Ha Poktan Sakato Jaya di Jorong Sigalangan Nagari Parit, berlangsung penuh kekeluargaan. 

Demikian juga saat Danramil 02 Kapt inf Lilik Surianto beserta 2 (dua) orang anggota dan Pelda Riady Batuud Koramil 07/AB saat ikut menghadiri rapat koordinasi dalam rangka percepatan penanganan covid 19 di Kab.  Pasaman Barat sekaligus mengikuti pelaksanaan penyemprotan serentak seluruh Indonesia menggunakan disinfektan dalam rangka percepatan penanganan covid-19 di Aula Kantor BPBD Kabupaten Pasaman Barat, berlangsung sukses. 

Berdasarkan laporan yang diterimanya, Babinsa Koramil 02/SE Kodim 0305/ Pasaman Serka Sanda Tri Purnama saat melaksanakan kegiatan pengecekan ke rumah warga yang menerima bantuan jamban di Jorong Bandarejo Nagari Lingkung Aur Kecamatan Pasaman berlangsung dengan baik. 

(Rido)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »