Hadapi Corona, Yusril Ihza: Nyawa Rakyat Utama, Ekonomi Nomor 2

BENTENGSUMBAR.COM - Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra mengatakan dalam menghadapi virusCorona pemerintah harus mendahulukan penyelamatan nyawa rakyat.

Apa pun pilihan yang dilakukan pemerintah, menurut Yusril Ihza, tujuannya harus mendahulukan keselamatan nyawa masyarakat. Sedangkan pertimbangan ekonomi menjadi nomor dua. 

"Apakah melakukan pembatasan keramaian umum bahkan melakukan lockdown, tujuan utamanya harus satu: menyelamatkan nyawa rakyat," kata Yusril Ihza melalui keterangan tertulis, Jumat 20 Maret 2020.

Dia menjelaskan ekonomi hancur lazim di negara-negara yang terdampak Corona. Namun ekonomi bisa dibangun kembali, berbeda dengan nyawa yang tak bisa dikembalikan lagi.

Menurut Yusril Ihza menyelamatkan nyawa rakyat adalah amanat Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945.

Mengutip Pembukaan UUD 1945, Yusril Ihza menuturkan, negara melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia.

"Hak untuk hidup adalah hak setiap orang. Negara wajib melindungi."

Kuasa Hukum Jokowi-Ma'ruf dalam Pilpres 2019 tersebut pun mendorong pemerintah agar tidak ragu-ragu memilih yang terbaik untuk dilakukan dan konsisten dengan kebijakan yang diambil. Transparansi harus dilakukan oleh pemerintah sehingga tidak ada informasi yang ditutup-tutupi.

"Terbukalah kepada rakyat, terbukalah kepada dunia, tentang apa yang sesungguhnya terjadi di negara kita," ucap Yusril Ihza.

(Sumber: Tempo.co)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »