Jokowi: Saya dan Jajaran Menteri Kerja Keras Jaga RI dari Corona

BENTENGSUMBAR.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan dirinya dan jajaran menteri bekerja keras menjaga Indonesia dari penyebaran virus corona.

“Saya dan jajaran kabinet, bekerja keras menyiapkan dan menjaga Indonesia dari penyebaran Covid-19, dan meminimalkan implikasinya terhadap ekonomi Indonesia,” tegas Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, Minggu, 15 Maret 2020.

Meski Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah terdeteksi terinfeksi corona, namun ia yakin para menteri tetap bekerja penuh seperti biasanya.

“Sebagaimana kemarin telah disampaikan bahwa salah satu menteri kami telah terdeteksi positif terinfeksi Covid-19. Langkah-langkah antisipatif telah dilakukan. Dan saya yakin, para menteri tetap bekerja penuh seperti biasa. Bahkan hari-hari ini para menteri bekerja lebih keras walau dilakukan secara online untuk mengatasi isu kesehatan dan mengatasi dampak ekonomi,” terang Jokowi.

Diakuinya, dampak pandemik Covid-19 telah memperlambat ekonomi dunia secara masif dan signifikan, termasuk perekonomian Indonesia. Untuk itu pemerintah telah dan terus melakukan langkah cepat untuk mengantisipasi beberapa dampak ini. Langkah yang telah dilakukan pemerintah, di antaranya memberikan insentif kebijakan ekonomi untuk menjaga kegiatan dunia usaha yang telah berjalan, agar tetap berjalan seperti biasa.

“Saya sudah memerintahkan untuk memberikan dukungan anggaran yang memadai untuk digunakan secara efektif dan efisien. Yang pertama, merujuk UU 24 tahun 2007 tentang penanggulangan bencana yang memungkinan pemerintah dan pemerintah daerah memprioritaskan menggunakan anggaran dengan cepat,” jelas Jokowi.

Selain itu, lanjutnya, Menteri Keuangan juga telah mengeluarkan peraturan dan pedoman untuk penyediaan anggaran yang diperlukan seluruh kementerian lembaga, pemda, dan gugus tugas penanganan Covid-19. “Peraturan ini memberikan landasan hukum agar pihak yang relevan dapat menggunakan anggarannya dan mengajukan kebutuhan angagaran tambahan untuk menangani tantangan penyebaran Covid-19,” ungkap Jokowi.

Tidak hanya itu, Jokowi meminta untuk meningkatkan pelayanan pengetesan Covid-19 dan meningkatkan pengobatan dengan menggunakan kemampuan RSUD dan bekerja sama dengan RS swasta serta lembaga riset dan pendidikan tinggi yang direkomendasikan kementerian kesehatan.

(Sumber: BeritaSatu.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »