Pelajari Sistem Pembuatan Peta Laut Indonesia, Mahasiswa ITN Malang Kunjungi Pushidrosal

BENTENGSUMBAR.COM - Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI AL (Pushidrosal) menerima kunjungan Mahasiswa Teknik Geodesi Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang di Lounge Room Perwira Pushidrosal Jalan Pantai Kuta V/1 Ancol Timur Jakarta Utara, Kamis, 12 Maret 2020.

Kegiatan ini merupakan kunjungan studi Eskursi agar para mahasiswa dapat mengetahui peranan ilmu yang dipelajarinya dalam aplikasi di dunia nyata. selain itu, kegiatan ini juga akan memperkaya pengetahuan mengenai penerapan ilmu geodesi pada proses pembuatan Peta Laut Indonesia (PLI).

Kepala Sub Direktorat Perencanaan Kemampuan (Kasubditrenpuan) Direktorat Potensi Maritim (Ditpotmar) Pushidrosal Letkol Laut (KH) Muddan Zayadi, S.Si. mewakili Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Dr. Ir. Harjo Susmoro, S.Sos., SH., MH. menerima 77 orang Mahasiswa tersebut yang dipimpin oleh dosen pembimbing Adkha Yulianandha, S.T., M.T., dan Heri Setiawan, A.Md selaku pendamping.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasubditrenpuan Pushidrosal, Kapushidrosal menyampaikan selamat datang kepada rombongan mahasiswa serta merupakan suatu kehormatan tersendiri karena menjadi salah satu obyek untuk belajar mendalami ilmu kelautan.

Disampaikan pula tentang tugas pokok Pushidrosal berdasarkan peraturan Presiden Nomor 62 Tahun 2016 yaitu membina, menyelenggarakan dan mengembangkan fungsi-fungsi survei dan pemetaan, baik untuk kepentingan pertahanan militer maupun untuk kepentingan umum. Tugas dan tanggung jawab yang di emban oleh Pushidrosal harus mampu memenuhi tuntutan kritikal public dalam menyipkan data, informasi Hidro-Oseanografi di seluruh perairan NKRI dengan akurat, mutakhir dan terpercaya.

Di bidang militer dan pertahanan, Pushidrosal dituntut untuk mampu menyediakan data dan Informasi yang akurat serta mutakhir sebagai data dasar yang akan digunakan sebagai bahan analisa strategi pertahanan nasional dan menjamin kesiapan serta ketersediaan peta laut dan peta tempur juga informasi Hidrografi Oseanografi dan Meteorologi yang dapat digunakan untuk mendukung kepentingan peperangan laut dan juga pertahanan.

Di Bidang penelitian kelautan, Pushidrosal melaksanakan fungsi penelitian kelautan yang dapat dikembangkan sesuai spesifikasi fungsi Pushidrosal pada bidang Hidrografi. Oseanografi, Lingkungan Laut dan Geo dinamika laut, hal ini dilaksanakan dengan lembaga departemen dan non departemen baik nasional dan internasional, perguruan tinggi, pertamina termasuk pariwisata laut dan lain-lain.

Dalam rangkaian kunjungan mahasiswa di Pushidrosal, dilakukan pula pertukaran cindera mata antara ketua rombongan dengan Kasubditrenpuan Ditpotmar Pushidrosal, dan foto bersama dengan Kepala Dinas Oseanografi dan Meteorologi (Kadisosemet) Pushidrosal Kolonel Laut (KH) Kamija, M.Si selaku Penanggung Jawab Panitia penerimaan kunjungan Mahasiswa di lapangan apel Mako Pushidrosal.

Selanjutnya para mahasiswa juga menerima paparan tentang Pushidrosal secara umum dan khusus yang dipaparkan oleh Mayor Laut (KH) Fathoni S.T., M.Si., M.Tr. Opsla yang sehari-harinya berdinas sebagai Kepala Sub Dinas Oseanografi di Dinas Oseonografi dan Meteorologi Pushidrosal, dan dilanjutkan tanya jawab.

Dalam kesempatan yang sama Mahasiswa juga berkunjung ke satuan kerja yang berhubungan dengan kelautan yaitu ke Dinas Hidrografi, Dinas Veranautika, Dinas Produksi Distribusi dan Dinas Pemetaan, yang gunanya untuk mendalami ilmu yang disampaikan oleh pemapar.

(Ucok)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »