Pemerintah akan Jamin Ketersedian Masker

Pemerintah akan Jamin Ketersedian Masker
BENTENGSUMBAR.COM - Pemerintah Indonesia menyatakan akan menjamin ketersediaan masker seiring meningkatnya permintaan dan terjadinya kelangkaan di sejumlah daerah pascamerebaknya Corona Virus Disease (Covid)-19.

"Pemerintah secara bersungguh-sungguh menjamin ketersediaan masker untuk masyarkat," kata Achmad Yurianto, Juru Bicara (Jubir) Pemerintah Indonesia untuk Penanganan Covid-19, di Jakarta, Sabtu, 7 Maret 2020.

Untuk memenuhi kebutuhan masker masyarakat di Tanah Air, lanjut Yuniarto, pemerintah telah memerintahkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk memenuhinya.

"Sudah tegas perintahnya kepada BUMN dan BMND untuk melaksanakan ini. Ini sekadar informasi. Tentang mekanismenya seperti apa, tentunya pihak lain yang akan menjelaskan," ujarnya.

Sedangkan saat dikonfirmasi apakah penyediaan masker ini termasuk untuk memenuhi kebutuhan warga di sekitar lereng Gunung Merapi yang mulai mengeluhkan sulitnya mendapatkan masker setelah gunung tersebut metus, Yuriarto mengatakan, ada bagian lain yang akan menangani.

"Soal masker ada pihak lain yang mengurusnya terkait kesediaan masker. Terkait dengan Gunung Merapi, ya kalau sudah seperti itu maka memang semua harus menggunakan masker untuk mengurangi debu," ujarnya.

Menurut Yuriarto, pemerintah mengimbau warga di sekitar lereng Gunung Merapi yang terdampak letusan agar sebisa mungkin menghindari debu letusan gunung tersebut.

"Menghindar dari debu menjadi lebih penting. Kecuali kalau terpaksa harus berada di luar dan sebaginya," kata Yuriarto.

(Source: gatra.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »