Pemilihan Duta Genre Pasbar Berlangsung Meriah


BENTENGSUMBAR.COM - Pemilihan Duta Genre Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2020 yang mewakili seluruh siswa dan mahasiswi sekabupaten Pasaman Barat yang diadakan di Gedung Balairong Tuah Basamo Simpang Empat, Sabtu 7 Maret 2020 berjalan lancar dan meriah.

Kemeriahan acara ini terlihat dari ratusan hadirin yang terdiri dari pegawai OPD Kabupaten Pasaman Barat, masyarakat sekitar juga para pendukung dari masing-masing peserta yang meramaikan acara ini. dan diiringi dengan aksi dari drum band sehingga menjadikan acara ini semakin meriah. 

Ketua Panitia sekaligus sebagai Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempusn Dan Anak (DP2KBP3A) dr. Anna Rahmadia dalam laporannya menyampaikan bahwa Duta Genre tahun 2020 ini telah melakukan tahap seleksi yang panjang dan akhirnya sampai ketahap grand final, Sabtu, 7 Maret 2020.

"Duta Genre tahun ini yang masuk keputaran grand final sebanyak 20 pasang yang mewakili siswa dan mahasiswa, kita harapkan duta Genre ini bisa menyampaikan program Genre ke depan dan saya juga berharap, kepada ke dua Duta Genre Pasbar, siapapun yang terpilih nantinya agar bisa membawa nama baik Pasbar ke depan,apalagi tahun lalu Duta Genre kita menjadi pemenang di tingkat yang lebih tinggi," terang dr Anna Rahmadia.

Bupati Pasaman Barat,  H. Yulianto, SH., MM., membuka secara resmi Grand Final Duta GenRe Kabupaten Pasbar tahun 2020 yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pasaman Barat,  Yudesri, S.IP.M.Si., yang dalam sambutannya mengatakan bahwa dilaksanakannya kegiatan ini adalah sebagai tindak lanjut program yang mengedepankan pembentukan karakter generasi muda khususnya dalam menempa remaja yang tangguh hingga mampu berkontribusi dalam pembangunan yang handal serta berguna bagi nusa,bangsa dan agama, khususnya remaja Kabupaten Pasaman Barat.

"Melalui Duta Genre inilah diharapkan menjadi salah satu ajang untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) serta kedewasaan pola pikir bagi kaum milenial ini, karena generasi emas ini merupakan generasi yang memiliki daya pikir kuat," kata Yudesri.

Yudesri juga menambahkan, Berdasarkan hal tersebut maka Pemerintah Daerah melalui Badan Kordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bersama PPKBP3A Kabupaten Pasbar dan instansi terkait lainnya untuk mengembangkan Program Generasi Berencana (GenRe) ini.

Program Genre ini adalah program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja dengan memahami pendewasaan usia pernikahan hingga mampu menyiapkan remaja untuk mengutamakan pendidikan secara berencana, berkarir, melalui pendekatan karakter dengan kata lain melakukan perencanaan pernikahan dengan penuh pemenuhan materi dan life skill sesuai siklus reproduksi. 

"Yang pada akhirnya nanti generasi berencana ini sebagai bibit-bibit unggul pemimpin bangsa, bibit unggul dalam melanjutkan perjuangan para pahlawan bangsa, semua hal tersebut akan tercapai bila di dalam programnya GenRe dilakukan sesuai dengan kecendeungan minat kesukaan remaja dan permasalahannya, yang pengembangan melalui Pusat Informasi dan konseling," kata Yudesri.

Dikatakannya bahwa seperti tahun-tahun sebelumnya, kegiatan pemilihan Duta besar GenRe Kabupaten Pasaman Barat kembali dilaksanakan, karena kegiatan ini memang terbukti remaja Pasbar sudah mampu ikut bersaing di tingkat yang lebih tinggi. 
Di mana tahun lalu Duta Genre Pasbar menjadi juara umum tingkat Sumbar. 

Ketua TP PKK Kabupaten Pasaman Barat, Sifrowati Yulianto yang sekaligus sebagai Bunda Genre juga menyaksikan Kegiatan Grand Final Duta GenRe Kabupaten Pasbar 2020 kali ini. 

Dari 20 Pasang peserta yang masuk ketahap grand final ini dan tetelah melalui beberapa sesi tahapan kualifikasi, akhirnya Juri bersidang untuk menentukan lima besar. 

Setelah pengumuman lima besar masuklah pada sesi penentuan yakni pada sesi tanya jawab dan akhirnya tetpilihlah pasangan Dea dan Gani menjadi pemenang dan menjadi Duta GenRe untuk setahun kedepan tepatnya tahun 2020 - 2021.

Selain Sekda Kabupaten Pasbar, Yudesri beserta istri, acara ini juga turut dihadiri  Dandim 0305 Pasaman,  Letkol. Inf. Ahmad Azis beserta istri, Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar, Drs.Budi Mulia, M.S.I. Kepala DPPKBP3A, dr. Anna Rahmadia, Kepala OPD, serta stakeholder lainnya. 

Sementara itu, perwakilan BKKBN Provinsi Sumbar Budi Mulia mengatakan bahwa Duta Genre merupakan generasi yang disiapkan untuk bisa menata masa depan dan menularkan semangat tersebut kepada orang lain.

"Duta Genre ini perwakilan kita di dalam mensosialisasikan program Genre di manapun berada, karena generasi genRe merupakan generasi yang berencana dan direncanakan," ujar Budi Mulia.

(Rido)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »