Opini

PARLEMEN

Sports

Warga Pasar Payakumbuh Bergerak Perangi Covid-19

          Warga Pasar Payakumbuh Bergerak Perangi Covid-19
Warga Pasar Payakumbuh Bergerak Perangi Covid-19.
BENTENGSUMBAR.COM - Dinas Koperasi dan UKM Kota Payakumbuh bersama Pokja Pasar Sehat, Tenaga Kebersihan, dan para pedagang di Pasar Tradisional Ibuh bergotong royong membersihkan lokasi pasar, Selasa, 24 Maret 2020.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Herlina didampingi Kabid Pasar Arnel mengatakan hal ini dilakukan untuk mencegah dan mengantisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19) di kawasan pasar tradisional Ibuh yang merupakan salahsatu area yang potensi keramaiannya tinggi.

"Selain pembersihan lokasi pasar, kita juga melakukan penyemprotan dengan desinfektan di kawasan pasar dan pemberian hand sanitizer kepada pedagang dan pengunjung pasar. Ditambah juga mengedukasi pedagang dan warga agar selalu waspada dengan Covid-19 yang kapan saja bisa menular,” ujar Herlina.

Herlina menambahkan, dirinya sangat menekankan kepada petugas pasar selaku yang memberi pelayanan kepada masyarakat, mereka harus melindungi diri dan keluarga mereka terlebih dahulu. Herlina juga mewanti-wanti agar petugas mawas diri saat memerangi Covid-19 di lapangan.

"Kita berpesan agar petugas menjaga kesehatan, menghindari berkumpul-kumpul, kita suruh cuci tangan setiap setelah bertugas dan membawa hand sanitizer sendiri, dan mengonsumsi makanan bergizi dan buah-buahan agar daya tahan tubuhnya kuat," kata Herlina.

"Kita mengapresiasi petugas pasar atas dedikasinya selama menghadapi pandemi ini, ditengah rasa cemas terpapar, mereka tanpa ada rasa keberatan dan mengeluh bekerja demi masyarakat dengan resiko besar dalam kondisi saat ini," tambahnya.

Sementara itu, Kabid Pasar Arnel menyebut kawasan pasar yang menjadi tanggung jawabnya, tentunya membuat jajaran dinas sangat peduli dengan situasi saat ini dan sangat berharap agar Covid-19 dapat musnah di muka bumi ini. 

"Seperti yang telah dihimbau oleh Wali Kota Riza Falepi untuk menjaga kebersihan, hindari bersentuhan langsung, dan upayakan memakai masker juga sarung tangan. Mari kita sayangi diri kita, sayangi keluarga kita dan kerabat serta sanak famili kita dangan melakukan dan menjalankan himbauan-himbaun dari pemerintah terhadap pencegahan virus covid-19 ini," imbau Arnel.

Ketua Pokja Pasar Sehat, Dedi Hendri mengatakan langkah antisipasi ini adalah untuk secara tidak langsung memberi tahu kepada warga kalau Pasar Ibuh ini sehat, dan memberi edukasi agar mereka jangan takut ke wilayah pasar, dinas bersama pokja ingin memberikan ketenangan bagi pengunung.

"Rencananya akan dibuat juga posko Covid-19 di pasar untuk shelter informasi, jangan sampai perekonomian dan perputaran rupiah akibat Covid-19 ini berimbas besar kepada pedagang di pasar," kata Dedi Hendri. 

(HM/rel)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...

Enter your email address. Its free!

Delivered by FeedBurner

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *