DPRD Kota Padang Pantau 4 Posko Covid-19 dan Awasi Bantuan Sembako Bagi Warga Terdampak

BENTENGSUMBAR.COM - Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani bersama rombongan melakukan kunjungan ke 4 posko proteksi Covid-19, Jumat, 27 Maret 2018. Pada kesempatan itu, rombongan didampingi Sekretaris DPRD Kota Padang, Hendrizal Azhar.

Pada kesempatan itu, Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani menyerahkan bantuan makanan dan minuman penunjang kesehatan para petugas di Posko Covid-19.

Kunjungan dimulai dari posko Indarung dan Bungus Teluk Kabung, Jalan Adinegoro, dan terakhir di Jalan By Pass Padang.

Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani mengatakan, Pemko Padang akan melengkapi sarana dan prasana, termasuk pengaturan shift bagi petugas, sehingga mereka dapat bekerja lebih maksimal.

DPRD Kota Padang sendiri, katanya, berdasarkan hasil rapat Bamus, untuk kunker (kunjungan kerja-red) ke luar provinsi, rapat-rapat di hotel dan di kantor juga dibatalkan untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Meski demikian, jelasnya, untuk anggota dewan yang akan melakukan kegiatan kemasyarakatan masih diperbolehkan.

"Terhitung hari Senin, 23 Maret 2020, Bamus telah memutuskan dan sudah disepakati hasil rapat tersebut. Kecuali anggota dewan yang mau melakukan kegiatan kemasyarakatan seperti penyemprotan maupun membagikan masker," ungkapnya.

Senada dengan itu, Wakil Ketua Kota Padang Arnedi Yarmen mengatakan, untuk mengantisipasi penyebaran virus corona, seluruh anggota DPRD Kota Padang menunda aktifitas kedewanan hingga akhir Maret 2020.

Dikatakannya, keputusan tersebut diambil setelah dilakukan rapat dan diputuskan tiadakan aktifitas kedewanan.

"Sampai akhir Maret tidak ada rapat di kantor dan aktifitas dewan, untuk nanti berikutnya akan kita sikapi sesuai kondisi yang ada," kata Arnedi Yarmen.

Awasi Bantuan Sembako

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Padang Ilham Maulana mengatakan, DPRD Kota Padang memutuskan untuk membatalkan rencana pembelian Mobil Dinas (Mobnas) pimpinan dewan. 

Pasalnya, dana pembeli mobnas itu akan dihibahkan kepada Pemko Padang untuk membeli kebutuhan pokok warga yang terdampak Covid-19 berupa sembako dan kebutuhan lainnya.

Dia mengatakan dana pembelian Mobnas empat pimpinan dewan mencapai Rp3,4 M dan keempat pimpinan sepakat menunda beli kendaraan dinas. 

"Mobil dinas yang ada sekarang masih sangat layak. Kita telah melakukan rapat dan kesimpulannya Mobnas batal dibeli," ujar Ilham Maulana usai melakukan rapat pimpinan dan rapat Badan Musyawarah (Bamus) Rabu, 1 April 2020.

Selain pembatalan pembelian Mobnas, juga dilakukan efesiensi dan pemangkasan beberapa kegiatan seperti perjalanan dinas dan bimbingan teknis (Bimtek) yang nilainya mencapai Rp4 miliar.

Dia mengatakan, dari dana tersebut, akan dibelikan kebutuhan pokok, yang nantinya akan diserahkan pada OPD terkait dan mekanisme pembagiannya melalui kecamatan masing-masing.

"Yang jelas koordinasi kita terkait hal ini akan terus dilakukan, agar sembako yang akan diterima warga tepat sasaran dan persoalan baru tak muncul setelah itu," ucap Ketua DPC Demokrat Padang ini.

Terkait kriteria dari penerima sembako itu, Ilham meminta Pemko turun langsung ke lapangan dan koordinasi dengan Lurah, RW, RT siapa yang berhak menerima bantuan tersebut.

"Jangan warga yang berkecukupan diberi juga. Ini tak sesuai namanya," ucap Koordinator Komisi II DPRD Padang ini.

Ia mengatakan, pihaknya akan mengawasi di lapangan bersama tim tentang pendistribusian sembako ke masyarakat.

"Kita inginkan sembako yang akan diterima warga dapat meringankan bebannya akibat imbas Covid-19 yang terjadi," paparnya.

(by)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »