Kodim 0305 Pasaman Gelar Donor Darah

BENTENGSUMBAR.COM - Cegah kekurangan darah di tengah antisipasi Covid-19, personel Kodim 0305 Pasaman Gandeng PMI untuk gelar donor darah.

Dandim 0305 Pasaman, Letkol Inf. Ahmad Aziz kepada awak media, Jumat, 3 April 2020 mengatakan, jajarannya melaksanakan kegiatan donor darah di Makodim 0305 Pasaman dan Makoramil 02 Simpang Empat.

Kegiatan Donor darah yang dihadiri oleh Wakil Bupati Pasaman, Atos Pratama, Kapolres Pasaman, Kasdim, Pasi kodim serta Persit dan jajaran Kodim setempat, antara lain bertujuan untuk membantu PMI maupun RS yang saat ini mengalami kekurangan stok darah akibat maraknya Covid-19 serta penerapan phisycal distancing sehingga mengurangi jumlah orang untuk melakukan donor darah.

Donor darah ini secara serentak dilaksanakan diseluruh jajaran TNI AD sehingga hal ini diharapkan akan membantu stock darah secara Nasional.

"Kegiatan sosial ini kita lakukan untuk mencegah kekurangan stok darah di tengah antisipasi penyebaran virus corona saat ini," terang Ahmad Aziz. 

Dandim 0305 menerangkan bahwa sesuai dengan kebutuhan, yakni membantu stock darah secara nasional, pihaknya mengusung tema ' Membantu Ketersediaan Darah PMI Akibat Pandemi Covid-19'.

"Saat ini, ketersediaan darah di Pasaman memang kurang akibat masyarakat masih enggan mendonor darah di tengah pandemi Covid-19," ujar Dandim. 

Menurut A. Aziz, jumlah kantong darah yang diperoleh saat kegiatan ini, berjumlah sekitar 31 kantong dan darah ini juga didapatkan dari personil yang benar-benar fit saja, sebab sebahagian personil saat ini masih bertugas di lapangan dalam kegiatan penanggulangan Covid-19.

Dandim menyebutkan darah yang terkumpul sebanyak 31 kantong itu akan akan disumbangkan kepada masyarakat, sehingga masyarakat terbantu dengan kekurangan darah, terutama untuk pasien leukemia, pasien lakalantas, dan pasien yang menjalani operasi.

"Kami rasa dengan donor darah ini, hendaknya bisa meringankan beban pasien yang berobat di RSUD Pasaman dan rumah sakit lainnya di Pasaman," jelasnya.

Serektaris PMI Pasaman kepada Insan Pers menjelaskan, di tengah pandemi Covid 19, UTD PMI Pasaman mengalami kekurangan stok darah.

"Kita berharap donor darah tetap bisa kita laksanakan, mengingat kebutuhan darah bagi masyarakat di beberapa Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Pasaman dan kita sangat berterimakasih kepada Kodim 0305 Pasaman dan jajarannya yang telah menggelar aksi donor darah ini,"ujarnya. 

(Rido)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »