Pemprov Sumbar Bantah Terapkan Lockdown

BENTENGSUMBAR.COM - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat membantah akan menerapak Lockdown hari ini, Senin, 27 April 2020. Bantahan itu disampaikan Kepala Biro Humas Setdaprov Sumbar Jasman Rizal setelah viralnya berita soal Sumbar Lockdown terhadap orang berkendaraan masuk Sumbar.

“Kita tidak lockdown. PSBB bukan lockdown dan lockdown bukan bahagian dari PSBB,”ujar Jasman yang juga Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumbar, Ahad malam, 26 April 2020.

Bahkan ia telah menkonfirmasi dengan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno soal asal muasal sampai munculnya pemberitaan tersebut.

“Saya sudah konfirmasi dengan pak gubernur mengenai adanya media online yang memberitakan soal lockdown, saya lagi tracking siapa pembuat berita ini pertama kali. Saya ingin media tersebut meminta maaf dan kembali meluruskan beritanya. Ini berita membahayakan sekali. Soal lockdown adalah kewenangan pemerintah pusat. Ini sangat sensitif kalau tidak segera diklarifikasi dan akan sangat meresahkan masyarakat,” ujar Jasman.

Pasalnya kata Jasman Gubernur Sumbar Irwan Prayitno saat peninjauan Posko Perbatasan Penerapan PSBB di Sungai Rumbai Minggu siang tadi tidak pernah mengatakan bahwa Sumbar Lockdown.

“Kesimpulan lockdown itu mungkin kesimpulan pribadi dari pewarta yg bisa saja tidak paham akan PSBB dan Lockdown itu sendiri. Mungkin dia menyangka lockdown itu bahagian dari PSBB”ujar Jasman.

Jasman minta, kiranya oknum pewarta dalam kondisi saat ini yang sama-sama berjuang menangani penyebaran covid-19, sebaiknya jangan memperkeruh suasana.

Untuk lebih jelasnya, mari kita sama fahami Permenhub no 25 tahun 2020. Biar tidak terjadi lagi kesalahpengertian dalam mempublikasikan sesuatu berita.

“Mohon dibaca Permenhub 2020. Pak Gubernur Irwan Prayitno mengacu kepada Permenhub tersebut dan tidak pernah menyatakan lockdown,” tegas Jasman.

(*)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »