Virus Corona di Sumbar Sudah Menular Secara Local Transmission

BENTENGSUMBAR.COM - Hingga Ahad, 26 April 2020, pasien positif Covid-19 di Sumbar sudah 102 orang. Demikian disampaikan Kepala Humas Setdaprov Sumbar selaku Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Jasman Rizal melalui keterangan tertulisnya, Ahad, 26 April 2020.

Menurut Jasman, kecenderungan saat ini di Sumatera Barat, penyebab terinfeksinya bukan lagi hanya secara imported case atau kasus menimpa seseorang yang baru kembali dari luar negeri, tanpa terkait dengan kluster manapun, namun juga telah menular secara local transmission atau penularan Covid-19 yang terjadi secara lokal atau di lokasi tempat pasein positif Covid-19 berada saat ini karena kontak dan berinteraksi dengan dengan orang yang terinfeksi sebelumnya. 

Penyebabnya, kata Jasman Rizal, antara lain karena tidak menjaga physical distancing, tidak memakai masker, jarang cuci tangan dan masih belum disiplin untuk selalu berada di rumah saja serta banyaknya melanggar protokol kesehatan lainnya yang dianjurkan pemerintah.

"Rata-rata semua warga yang baru dinyatakan positif beberapa hari ini, hampir semuanya karena  local transmission. Dari 5 orang yang dinyatakan positif terinfeksi hari ini, semuanya terinfeksi karena kontak dengan orang yang sebelumnya juga telah juga positif (local transmission)," ungkapnya.

Berikut rincian 5 orang positif Covid-19 hari ini yang menular melalui local transmission:

1. Wanita 54 tahun, alamat Jati Kota Padang, wiraswasta, terpapar covid-19 dari anaknya yang baru pulang dari Jogjakarta. Anaknya tidak menunjukkan gejala atau disebut sebagai carrier atau Orang Tanpa Gejala (OTG). Sekarang dirawat di RS Universitas Andalas Padang.

2. Wanita 43 tahun, alamat di Alai Parak Kopi, Ibu Rumah Tangga, terpapar karena sering ke lokasi yang potensial berkembangnya penularan covid-19. Sekarang di rawat di RSUD Rasyidin Kota Padang.

3. Pria 69 tahun, alamat di Lubuak Bagaluang Kota Padang, wiraswasta. Terinfeksi karena kontak dengan beberapa orang yang telah dinyatakan positif sebelumnya. Sekarang isolasi mandiri di rumah.

4. Pria 26 tahun, alamat di Tarusan Pesisir Selatan, mahasiswa. Terinfeksi karena kontak dengan salah satu pasien positif sebelumnya. Sekarang isolasi di Rusunawa Painan

5. Anak perempuan umur 6 tahun, alamat Tarusan Pesisir Selatan. Terinfeksi karena kontak dengan pasien positif sebelumnya. Sekarang isolasi di Rusunawa Painan.

(by)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »