Geram Banyak Kendaraan Terobos Pintuk Masuk Sumbar, Gubernur Irwan Tambah Kekuatan di Perbatasan

BENTENGSUMBAR.COM - Gubernur Provinsi Sumatera Barat Irwan Prayitno melakukan sindak ke posko pintu masuk Kamang Baru Kabupaten Sijunjung yang merupakan posko perbatasan Sumbar-Riau, Sabtu, 23 Mei 2020.

"Ada 9 pintu masuk lewat darat ke Sumbar mesti dijaga ketat, periksa semua kendaraan yang masuk. Jangan sampai ada yang lengah. Ini semua menyangkut keselamatan kesehatan masyarakat Sumbar, agar terhindar dari penyebaran wabah Covid-19. Sekaligus ini bagian upaya kita bagaimana menjaga kesehatan masyarakat tidak terpapar wabah Covid-19 itu sangat penting untuk baik bersama," tegad Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno kepada petugas, pasca adanya sejumlah kendaraan pemudik yang menerobos Pos Perbatasan Provinsi Sumbar-Riau yang berada di Kabupaten Sijunjung, tepatnya di Jembatan Timbang Oto (JTO) Kamang Baru, Sabtu, 23 Mei 2020.

Di lokasi Gubernur Sumbar bersama rombongan disambut Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin bersama Kapolres Sijunjung, Dandim 0310, Kapolsek dan beberapa Kepala OPD terkait di posko gugus tugas penanganan Covid-19.

Irwan Prayitno yang didampingi oleh Kasat Pol PP Sumbar Dedi Diantolani dan Kepala Kesbangpol Sumbar Nazwir, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sumbar, melakukan pemeriksaan aktivitas sarana dan prasarana posko dalam kesiapan menekan penyebaran wabah Virus Corona (Covid-19).

"Saya harapkan kita semua agar bekerja semaksimal mungkin, jangan ada lagi insiden serupa kita alami. Penjagaan harus ketat, tidak ada lagi kendaraan yang bawa penungpang bisa masuk ke Sumbar," pungkasnya.

"Kita mesti tegaskan menjalankan protokol covid walau dalam suasana lebaran. Semua kendaraan yang melintas harus periksa dengan ketat, baik itu kepada penumpang ataupun sopirnya, cek kesehatan dan suhu tubuhnya, sehingga orang yang masuk ke Sumbar memang benar-benar tidak terkontaminasi dengan virus Covid-19," tegasnya. 

Terkait pasca kejadian, Kamis, 21 Mei 2020, ratusan mobil pemudik dari arah Riau menerobos pos cek point PSBB Covid-19 Sumatra Barat di Jorong Batang Kariang, Nagari Kamang, Kecamatan Kamang Baru, Kabupaten Sijunjung.

Pihak Polda Sumbar sudah menurunkan sejumlah personelnya untuk menambah kekuatan petugas setempat. Sebanyak satu Satuan Setingkat Kompi (SSK) Brimob Polda Sumbar, ditempatkan di Pos Pengamanan Operasi Ketupat Singgalang 2020 dan Posko Penanganan Covid-19.

Selain penambahan pasukan dari Brimob, puluhan personel gabungan dari Polres Sijunjung dan Kodim 0310/SSD juga ditempatkan disana.

"Adanya penambahan pasukan dari Brimob ini, menyakinkan kita akan pelaksanaan protokol Covid 19 dapat berjalan dengan baik. Mari kita jaga kesehatan dalam melawan covid dengan memakai masker, jaga jarak dan pola hidup bersih cuci tangan pakai sabun," ajak Gubernur Sumbar. 

Sebelumnya Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno bersama Kapolda,  Danrem dan Forkopimda melakukan peninjauan beberapa Posko Ketupat Singgalang di Padang.

Dari laporan dilapangan yang didapat sejauh ini kondisi Sumbar aman, tertib dan terkendali.

(by/hms-sumbar)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »