Jokowi Sebut Pasukan TNI dan Polri Dikerahkan Jaga PSBB Covid-19

BENTENGSUMBAR.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan bahwa mulai hari ini, Selasa, 26 Mei 2020, pasukan TNI dan Polri akan turun ke titik-titik keramaian dalam rangka lebih mendisiplinkan masyarakat agar mengikuti protokol kesehatan sesuai dengan aturan pembatasan sosial berskala besar atau PSBB selama pandemi Covid-19.

"Akan digelar di empat provinsi dan 25 kabupaten/kota mulai hari ini," ujar Jokowi saat meninjau MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat pada Selasa, 26 Mei 2020.

Jokowi berharap kedisiplinan masyarakat semakin terjaga dengan turunnya TNI-Polri ke tengah masyarakat.

"Kita harapkan kurva Covid-19 bisa semakin menurun. Saat ini, R0 beberapa provinsi di bawah 1. Kita harapkan dengan turunnya TNI-Polri ini, R0 kita bisa semakin turun," ujar Jokowi.

Basic Reproductive Number (R0) merupakan angka reproduksi dasar sebuah penyakit. 

Untuk menuju hidup new normal, saat R0 Covid-19 di sebuah negara harus berada di bawah angka 1. 

Sementara, saat ini rata-rata nasional R0 Indonesia diperkirakan berada di angka 2,5. Artinya, satu orang bisa menularkan penyakit ke 2-3 orang.

“Nah, ini tugas kita bersama menurunkan R0 menjadi di bawah 1 agar bisa hidup New Normal. Pemerintah butuh partisipasi publik menekan angka ini,” ujar Kepala Bappenas Suharso Monoarfa via telekonferensi, Rabu, 20 Mei 2020

(Sumber: Tempo.co)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »