Pandemi Covid-19, Ini Strategi Pembayaran Zakat Fitrah di Kampung Gadang Pasbar

BENTENGSUMBAR.COM - Membayar zakat merupakan kewajiban bagi seluruh umat Islam di dunia, karena perintah membayar zakat tersebut juga termasuk didalam salah satu rukun Islam, yaitu rukun islam yang ke-empat.

Untuk menunaikan kewajiban tersebut, warga Kampung Gadang, Jorong Durian Hutan, Nagari Aia Gadang, Kecamatan Pasaman Barat melakukan pembayaran zakat fitrah yang diadakan di Mushalla Al Rauddah Kampung Gadang, Selasa, 19 Mei 2020 malam. 

Putra, sebagai pengurus masjid dan sebagai panitia penyalur zakat mengatakan, pembayaran zakat ini biasanya dilakukan oleh warga Kampung Gadang dengan cara mendatangi rumah-rumah warga, akan tetapi pembayaran zakat untuk idul fitri 1441 H, dilakukan di mesjid karena mengingat situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung hingga saat sekarang ini. 

"Biasa kita datang ke rumah-rumah warga dan itu sudah menjadi tradisi warga Kampung Gadang setiap tahunnya, karena dengan datangnya kita kerumah warga tersebut, maka akan meningkatkan jalinan silaturrahim bagi kita," ujar Putra. 

"Tetapi untuk tahun ini, pembayaran zakat di lakukan di mushalla, karena sekarang masih dalam pandemi Covid-19," imbuhnya. 

Dikatakannya lagi, pemilihan masjid atau mushalla sebagai tempat pembayaran zakat fitrah ini, karena masjid atau mushalla ini dinilai lebih kecil resiko penularan Covid-19, karena setiap orang yang mau masuk Masjid harus bersuci atau membersihkan diri.

Dikatakannya, pembayaran zakat fitrah ini juga diserahkan oleh perwakilan masing-masing dari setiap keluarga kepada pengurus, sehingga penyerahan akan teratur dan tidak berdesak-desakan. 

Ditambahkannya, adapun bentuk zakat fitrah yang diberikan warga Kampung Gadang ini, berupa uang, beras dan lain-lain. 

Putra mengatakan, kebanyakan warga memberikan zakat fitrahnya berupa beras, karena sebagian besar Kampung Gadang ini berprofesi sebagai petani.

"Semoga dengan telah dibayarkannya zakat fitrah ini, semua amal ibadah diterma oleh Allah dan semua dosa-dosa kita yang selama ini karena ke khilafan kita dapat diampuni oleh Allah SWT. Sehingga Fitrah atau kesucian tersebut datang menghampiri kita dan kita di jauhkan dari siksa api neraka, amiin," tutupnya. 

(Rido) 

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »