Pasar Raya Padang Tempat Sebaran Covid-19, Pedagang Masih Tes Swab

BENTENGSUMBAR.COM - Pasar Raya merupakan tempat penyebaran virus corona (Covid-19) terbesar di Padang. Ratusan pedagang terpapar virus tersebut.  Kini, Pemerintah Kota Padang tengah melakukan tes swab kepada ribuan pedagang di pasar tersebut.  

"Pasar Raya merupakan kluster yang kini sedang kita putus mata rantai penyebaran virusnya," ungkap Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Feri Mulyani Hamid kepada Diskominfo Padang, Kamis, 21 Mei 2020. 

Dijelaskannya, tes swab kepada pedagang dilakukan sejak Rabu, 20 Mei 2020. Tes swab itu sendiri dilakukan di Lantai III, Blok III,  Pasar Raya.  

"Di hari pertama swab,  kita mengambil 180 sampel.  Sedangkan di hari kedua (Kamis ini)  kita ambil 147 sampel," jelas Kadiskes.  

Dinas Kesehatan Kota Padang melakukan pool test kepada seribu lebih pedagang. 

Pool test merupakan teknik laboratorium untuk mengefisienkan pemeriksaan yang bertujuan untuk mencari orang terinfeksi di suatu populasi tertentu.  

Awalnya Pemko Padang menargetkan pool test selesai 15 Mei lalu.  

"Kita perlu tambahan waktu agar seribu lebih pedagang bisa dites swab. Karena jumlah pedagang yang sudah kita tes baru 30 persen dari target.  Kita berharap Sabtu (23/5/2020) selesai semuanya," sebut Feri Mulyani Hamid. 

Sementara itu, Kadiskes menyebut, terjadi penambahan jumlah pedagang di Pasar Raya yang positif virus corona. 

Kamis ini terjadi penambahan pedagang positif yakni sebanyak empat orang. 

"Berarti sudah 114 pedagang di Pasar Raya yang positif," jelas Kadiskes.

(Charlie Ch. Legi)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »