PDIP Sumbar Bagikan 500 Paket Lebaran untuk Dai

BENTENGSUMBAR.COM - Sebanyak 500 paket lebaran khusus untuk warga terdampak Coronavirus Disease 2019 (Covid19) di kelompok keagamaan, dibagikan PDIP Sumbar, sepanjang Jumat dan Sabtu, 22 Mei 2020. Penyaluran bantuan ini melalui kader PDIP yang bergiat di sayap partai, Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) Sumbar.

“Ini adalah bentuk gotong royong PDIP Sumbar untuk warga yang kesehariannya lebih banyak melakukan syiar agama Islam. Yang kita bantu, da’i yang tidak tercatat sebagai aparatur sipil negara (non ASN),” ungkap Ketua PDIP Sumbar, Alex Indra Lukman melalui pernyataan tertulisnya, Senin, 25 Mei 2020.

Diakui Alex, da’i merupakan kelompok masyarakat yang cukup parah terdampak Covid19. Hal itu berkaitan dengan nyaris tidak adanya aktivitas keagamaan umat Islam, pada ribuan masjid dan mushalla yang ada di Kota Padang, terutama ibadah qiyamul lail (aktivitas ibadah di malam hari-red) selama Ramadhan 1441 H ini. 

“Bingkisan kita ini berupa kain sarung, beras, masker, hand sanitizer, minyak goreng dan mie instan. Semoga bantuan kita yang tak seberapa ini, bisa meringankan beban para da’i kita yang telah mengabdikan hidupnya di jalan dakwah,” harap Alex. 

Dikatakan, 500 paket lebaran itu dibagikan langsung oleh kader PDIP Sumbar pada Ikatan Mubaligh (73 orang), ustad/guru mengaji (77 orang), marbot dan imam masjid (321 orang) dan petugas Tim Reaksi Cepat/TRC (29 orang). 

“Kita antar langsung bantuan ini ke da’i-da’i kita melalui kader PDIP yang ada di Kota Padang. Tentu saja, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan di masa pandemi,” ujar Alex. 

Kegiatan berbagi PDIP Sumbar untuk warga terdampak Covid19 ini, telah dimulai sejak awal Ramadhan 1441 H lalu. Dimana, PDIP Sumbar merancang program nasi bungkus untuk keperluaan berbuka warga. Setiap harinya, dibagikan sebanyak 500 nasi bungkus. 

Sebaran kegiatan program nasi bungkus untuk keperluan berbuka puasa ini, telah menyebar pada warga yang ada di 11 kecamatan di Kota Padang. Nasi bungkus itu diantar langsung kader PDIP Sumbar ke pintu-pintu rumah warga. 

Selain itu, PDIP Sumbar bersama Fraksi PDIP DPRD Sumbar, juga telah mendistribusikan 900 set Alat Pelindung Diri (APD) serta 78 kotak masker medis, pada tiga rumah sakit Tipe B (RS Bhayangkara, Yos Sudarso, Reksodiwiryo) dan 23 Puskesmas di Kota Padang. 

Perlengkapan sarana pendukung untuk paramedis ini, diharapkan bisa membangkitkan kepercayaan diri mereka dalam merawat pasien Covid19, yang pertambahan kasusnya masih belum bisa dikendalikan itu. 

Tak hanya itu, petugas di posko perbatasan dan pos pengamanan lebaran, juga tak luput dari perhatian PDIP Sumbar sepanjang Ramadhan 1441 H ini. 

“Kita tak boleh menyerah dengan keadaan yang memang serba sulit seperti sekarang ini. Kesetiakawanan sosial dan semangat gotong royong harus terus kita tumbuhkan. Dengan begitu, kita bisa bangkit dari dampak ini secara lebih cepat,” harap Alex. 

(relis)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »