Rekor! 1073 Sample Swab Sudah Diperiksa, 438 Orang Warga Sumbar Dinyatakan Positif Covid-19

BENTENGSUMBAR.COM - Provinsi Sumatera Barat menunjukan rekornya dalam pemeriksaan sample swab Covid-19. Pasalnya, hingga hari ini, Jumat, 22 Mei 2020, sudah 1073 sample swab yang diperiksa. Artinya, Sumbar mencetak rekor menjadi pemeriksa sample nomor 1 terbanyak di Indonesia.

"Sejak kemaren sampai subuh dini hari tadi, berdasarkan hasil swab test laboratorium fakultas kedokteran Unand dan Balai Veteriner Bukittinggi, telah 1073 sample swab diperiksa. Hal ini merupakan prestasi luar biasa, dan mendapatkan apresiasi dari Balitbang Kemenkes RI, karena dengan sample sebanyak itu, kita telah menjadi pemeriksa sample nomor 1 terbanyak di Indonesia," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Barat, Jasman Rizal melalui keterangan tertulisnya, Jumat, 22 Mei 2020.

Dari 1073 sample swab yang diperiksa tersebut, sebanyak 438 orang warga Sumbar dinyatakan terinfeksi Covid-19, karena terjadi penambahan 2 orang lagi.

"Sembuh bertambah 5 orang, sehingga total sembuh 157 orang dan meninggal bertambah 1 orang sehingga total meninggal menjadi 24 orang," jelas Jasman yang juga Kepala Dinas Kominfo Sumbar ini.

Pertambahan sebanyak 2 orang warga Sumbar positif terinfeksi Covid-19 hari ini, ujar Jasman, berasal dari Kabupaten Dharmasraya dengan Rinciannya sebagai berikut:

1. Wanita 34 th, warga Pulau Punjuang, pekerjaan tenaga kesehatan, diduga terpapar dari tempat kerja, penanganan isolasi mandiri sementara.

2. Pria 36 th, warga Pulau Punjuang, pekerjaan wiraswasta, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, penanganan isolasi mandiri sementara.

Sementara itu, pasien sembuh sebanyak 5 orang dengan rincian:

1. Pria 38 th, warga Kuranji Kota Padang, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUP Dr. M. Djamil Padang

2. Wanita 17 th, warga Andaleh Kota Padang, ststus pelajar, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien Semen Padang Hospital.

3. Pria 58 th, warga Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi.

4. Wanita 60 th, warga Mato Aia Kota Padang, status IRT, terinfeksi karena kontak dengan kasus konfirmasi, pasien RSUD Rasidin Padang.

5. Wanita 26 th, warga Pauah Kota Padang, pekerjaan tenaga kesehatan, terinfeksi karena kontak dengan spesimen darah kasus Covid-19 di M. Djamil, pasien RSUP Dr. M. Djamil Padang.

Ada pun pasien meninggal merupakan seorang pria 59 th, warga Lubuak Kilangan Kota Padang, pekerjaan petani, pasien RSUP Dr. M. Djamil Padang.

Dengan demikian, cakap Jasman, total yang telah dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 di Provinsi Sumatera Barat sampai hari ini, Jumat, 22 Mei 2020 adalah 438 orang, dengan rincian 135 orang dirawat di berbagai Rumah Sakit, isolasi mandiri 38 orang, isolasi daerah 3 orang, Bapelkes 11 orang dan di BPSDM 59 orang, BPP Padang 11 orang, meninggal dunia 24 orang dan sembuh 157 orang.

(by)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »