32 OTG di Lapas Terbuka Kelas II Pasbar Dites Swab

BENTENGSUMBAR.COM - Satgas Covid-19 Kabupaten Pasaman Barat melakukan tes Swab kepada 32 Orang Tanpa Gejala (OTG) yang terdiri dari petugas dan warga binaan di Lapas Terbuka Kelas II B Kabupaten Pasaman Barat, Sabtu, 6 Juni 2020 pagi. 

Tes Sawab terhadap 32 OTG tersebut, merupakan hasil trakcing level dua yang di lakukan oleh Satgas Covid-19 Kabupaten Pasaman Barat, setelah mendapatkan ada salah satu petugas lapas yang kontak dengan pasien positif asal Kota Padang.

Kepala Lapas Terbuka Kelas II B Pasaman Barat, Azhar mengatakan, kondisi kesehatan seluruh pegawai lapas terbuka dan warga binaan sangat sehat.

Namun, karena ada salah satu petugas lapas yang kontak erat dengan pasien positif covid-19 asal Kota Padang, dan yang bersangkutan bekerja di  lapas terbuka, maka dilakukan tes swab terhadap 28 petugas dan 4 warga binaan.

"Kita sangat berterima kasih kepada Satgas Covid-19 Kabupaten Pasaman dan Bupati atas reaksi cepat dan upaya pencegahan ini," ujarnya.

Azhar menambahkan, sebelumnya ada dua orang petugas lapas yang sudah diambil swab dan sudah isolasi mandiri, sebab salah satu diantara petugas lapas itu kontak dengan pasien positif asal Kota Padang. 

Namun, hingga saat ini, seluruh staf dan warga binaan sangat sehat.

"Sebagian besar petugas lapas kita tinggal di lingkungan Lapas, sehingga bisa dipastikan tidak kontak dengan warga lain, sementara sisanya sudah di interuksi menjaga jarak dengan orang lain, tetap di rumah hingga hasil swab keluar," ujarnya.

Sementara itu, Jubir Tim Teknis Dinkes Kabupaten Pasaman Barat dr Gina Alecia mengatakan, berdasarkan pemeriksaan dan pantauan petugas, semua petugas lapas dan warga binaan sangat sehat. 

Sebagai langkah pencegahan dan hasil trecing level dua, maka tetap dilakukan swab. 

Setelah pengambilan swab, akan langsung diantarkan ke Labor Unand Padang, dan hasilnya akan keluar beberapa hari kedepan.

"Kita minta seluruh petugas dan warga binaan hasil trecing level dua tetap berada di rumah hingga hasil Labor ke luar," sebutnya.

Sebagai langkah pencegahan, petugas lapas dan warga binaan diminta menjaga daya tahan tubuh dan menerapkan pola hidup sehat.

Meski berstatus OTG, secara fisik dan kesehatan semuanya masih stabil.

"Kita minta semuanya yang sudah di swab bisa kooperatif dan menjaga diri agar tetap sehat," ujarnya.

(Rido) 

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »