Anggota DPD RI Puji Realisasi Penyaluran BLT Dana Desa Sumbar Capai 91,92 Persen

BENTENGSUMBAR.COM - Anggota DPD-RI DR. Alirman Sori, SH.,M.Hum memberikan apresiasi atas percepatan penyaluran BLT Dana Desa di Provinsi Sumbar, yang sudah mencapai 91,92 persen. Angka ini jauh di atas pencapaian rata-rata nasional yang baru 70 persen.

Apresiasi itu disampaikan senator Alirman Sori seusai mendengarkan paparan Kepala Dinas PMD Sumbar Drs. H. Syafrizal Ucok, MM., Selasa, 2 Juni 2020 di Jalan Pramuka Raya No. 13 Belanti, Padang.

Menurut Alirman Sori, pola percepatan yang dilakukan Sumbar patut menjadi contoh nasional, yaitu kebersamaan seluruh elemen di nagari/desa. 

Dengan arahan dari Dinas PMD Provinsi dan Bupati/Walikota, para Wali Nagari mendapat dukungan dari Ninik Mamak, Ulama, Bundo Kandung dan Pemuda. 

"Pola baiyo batido yang merupakan kearifan lokal Minangkabau sangat membantu dalam Musyarawah Nagari Khusus, untuk menentukan penerima BLT Dana Desa serta mengecek supaya tidak terjadi penerimaan ganda. Peran ninik mamak yang tahu dengan anak kemenakannya, sangat membantu dalam percepatan pendataan sehingga berdampak pada percepatan penyaluran," kata Alirman Sori, senator asal Dapil Sumatera Barat.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Sumbar Syafrizal Ucok menyebutkan, bahwa capaian penyaluran BLT Dana Desa Sumbar 91,92 persen adalah hasil kerja keras semua pihak, terutama Wali Nagari bersama perangkatnya dan Tenaga Ahli Pendamping Profesional Dana Desa serta Pendamping Dana Desa di seluruh nagari. 

"Tenaga ahli pendamping Dana Desa ini ada yang sampai tidak tidur-tidur demi percepatan penyaluran BLT Dana Desa ini," kata Syafrizal Ucok yang didampingi Korprov Pendamping Profesional Dana Desa Ir. Feri Irawan, M.Si.

Dengan capaian penyaluran BLT Dana Desa sebesar 91,92 persen ini, berarti sudah 853 nagari/desa yang sudah tuntas penyaluran BLT. Uang yang dikucurkan mencapai Rp92,8 miliar yang diterima oleh 129.223 Kepala Keluarga.

Kunjungan kerja Anggota DPD-RI Alirman Sori ke Sumbar, berlangsung ke beberapa OPD dan Kabupaten/Kota. Khusus di Dinas PMD fokusnya adalah Pengawasan Penyaluran BLT dan Bansos di Sumbar. 

(Makpen)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »