Empat Warga Diserang DBD, Masyarakat di Kejorongan Ophir Goro Bersihkan Lingkungan

BENTENGSUMBAR.COM - Pasca terjangkitnya empat orang warga yang positif Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kejorongan Ophir, Nagari Koto Baru, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat pada beberapa waktu lalu, masyarakat bersama petugas Kesehatan Puskesmas Ophir dibantu Jajaran Personil TNI dari Koramil 02 Simpang Empat dan Polri, melakukan Gotong Royong (Goro) membersihan lingkungan dan pemukuman penduduk, Jumat, 19 Juni 2020.

Kegiatan goro tersebut dilakukan masyarakat sebagai upaya untuk menghentikan penyebaran DBD di lingkungan tempat tinggal mereka.

Kepala Jorong Ophir, Dayu Perdian mengatakan, kegitan goro tersebut dilaksanakan pada beberapa titik pemukiman masyarakat di wilayah Kejorongan Ophir, karena beberapa hari yang lalu ditemukan kasus Demam Berdarah (DBD) pada lokasi sekitar pemukiman masyarakat yang berdekatan. 

Pada saat itu, petugas langsung meninjau ke lokasi dan memang ditemukan jentik nyamuk di beberapa titik sekitar permukiman masyarakat, dan akan dilakukan pengasapan (Fogging) dari Dinas Kesehatan Pasaman Barat, pada hari Sabtu pagi, 20 Juni 2020.

"Kemaren waktu peninjauan oleh tim medis, ada ditemukan jentik nyamuk di sejumlah titik, makanya hari ini kita lakukan pembersihan di beberapa titik tersebut," ujarnya.

Lanjut Dayu Ferdian, dari hasil koordinasi bersama Bidan Desa (Polindes) Ophir Barat dan Petugas Kesehatan Puskesmas Ophir, rencananya besok akan dilaksanakan Pengasapan (Fogging).

"Besok akan diadakan Fogging oleh tim dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Barat," katanya.

Lanjutnya, untuk menghindari bertambahnya korban DBD dan untuk menghentikan upaya penyebaran wabah DBD tersebut, Ia meminta kepada seluruh masyarakat di Kejorongan Ophir untuk tetap selalu menjaga kebersihan lingkungan.

"Selalu jaga lingkungan sekitar dan jangan membuang sampah sembarangan yang bisa menimbulkan genangan air sehingga bisa menjadi sarang jentik nyamuk," sebutnya.

(Rido)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »