Irwan Prayitno: Memutus Mata Rantai Covid, Pemprov Sumbar Lakukan Tes Swab Gratis bagi Pelaku Wisata

BENTENGSUMBAR.COM - Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan, dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Pemprov Sumbar telah melakukan tracing untuk mendapatkan orang terwabah Covid-19, penerapan New Normal dengan menjangkau para kalangan pelaku pariwisata, melakukan swab test gratis di daerah yang negatif, bukan lagi sebatas ODP, PDP dan OTG yang masih banyak dilakukan banyak daerah di Indonesia.

Gubernur menyatakan saat ini  pelaksanaan tracing penyebaran Covid 19 melalui swab oleh labor Fakultas Kedokteran (FK) Unand  di Sumbar telah mencapai 27 ribu lebih kurang 0,6 persen dari jumlah penduduk Sumbar.

"Dalam progres antisipasi penyebaran Covid-19 di Sumatera Barat telah melakukan tracing lebih baik dibandingkan daerah lain. Dan kita menargetkan 1 persen sekitar 50 ribu dimana kekuatan (VCR) swab test yang dilakukan tim dr. Andani telah lebih dari 1.500 perhari," ujar Irwan Prayitno seusai Rapat OPD bidang ekonomi dalam upaya pemulihan di masa Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid 19 (TNB-PAC 19), Sabtu, 13 Juni 2020.

Irwan Prayitno menambahkan, saat ini pelaksanaan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 (new normal) masuk pada masa pemulihan ekonomi masyarakat sadar akan penting menjaga diri dengan protokol covid. 

"Dalam pelaksanaan new normal ini, masyarakat kita mampu melakukan antisipasi penyebaran Covid-19, walau aktifitas kehidupan berjalan normal namun dengan memakai masker, cuci tangan dan jaga jarak," cakapnya.

Mestinya, kata Irwan lagi, masyarakat seharusnya paham dan pentingnya budaya pakai masker (protokol covid) sampai ada obat  virus covid ini, baru bisa hidup normal seperti biasanya sebelum ada covid.

Irwan yakin dimasa new normal ini dengan potensi besar labor FK Unand dibawah pimpinan dr Andani akan mampu melakukan antisipasi penyebaran covid dengan kegiatan swab tes, bagi setiap orang masuk, pelaku usaha, dilakukan test yang merasa daerahnya negatif. 

"Pendekteksian cepat penyebaran virus corona ini akan mampu memutus matarantai Covid-19 ini. Karena itu para petugas di lapangan hendak kerja sungguh - sungguh. Sehingga ini akan mampu memberi rasa aman, mengurangi rasa cemas dan kawatir akan virus covid bagi masyarakat dalam menjalankan atifitas," ajak Gubernur.

(Zardi/Nov)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »