Jokowi Minta Rp 677,2 T untuk Penanganan Covid-19 Tepat Sasaran

BENTENGSUMBAR.COM - Pemerintah telah mengucurkan anggaran sebesar Rp 677,2 triliun untuk percepatan penanganan virus corona atau Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional.

Demikian disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengawasan Intern Pemerintah yang dilakukan secara virtual melalui video conference di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin, 15 Juni 2020.

“Saya perlu mengingatkan bahwa pemerintah telah mengalokasikan dana sebesar Rp 677,2 triliun untuk percepatan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional,” kata Jokowi.

Menurutnya anggaran tersebut sangat besar, sehingga harus dikelola dengan baik. 

Sasarannya harus tepat dengan prosedur sederhana dan tidak berbelit-belit.

“Angka ini, Rp 677,2 triliun adalah jumlah yang besar. Oleh sebab itu, tata kelolanya harus baik, sasarannya harus tepat, prosedur harus sederhana dan tidak berbelit-belit. Output dan outcome-nya harus maksimal bagi kehidupan seluruh rakyat Indonesia,” ujar Jokowi.

Dijelaskannya, saat ini dunia menghadapi kondisi yang luar biasa sulitnya. 

Ada 215 negara menghadapi darurat kesehatan. 

Kondisi ini membuat semua negara harus menyelamatkan warganya dari ancaman Covid-19.

Semua negara berjuang untuk menyelamatkan dari tekanan ekonomi yang dahsyat, demand dan suplai terganggu, serta produksi bermasalah. 

Pertumbuhan ekonomi dunia terkoreksi amat tajam dan berjuang agar tidak masuk ke jurang resesi. 

“Sekali lagi, situasi seperti ini yang tengah dihadapi semua negara, termasuk negara negara kita, Indonesia,” ungka Jokowi.

Jokowi menegaskan dibutuhkan respons pemerintah yang cepat dan tepat agar mampu menyelamatkan rakyat dan pertumbuhan ekonomi nasional tidak terpuruk ke jurang resesi.

Terutama di bidang kesehatan, pemerintah harus cepat mengendalikan Covid-19 agar tidak menyebar luas. 

“Yang sehat jangan tertular dan yang sakit kita rawat sampai sembuh,” tukasnya.

Begitu juga di bidang ekonomi, Jokowi menegaskan pemerintah harus menjamin warga yang kurang mampu dan terdampak Covid-19 untuk mendapatkan perlindugnan dan bantuan sosial.

“Kita juga harus memastikan sektor informal, sektor UMKM terus harus mampu bertahan dan para pelaku usaha bisa tetap bergerak dan PHK massal harus kita hindari. Semua langkah pemerintah yang cepat dan tepat harus akuntabel,” tegas Jokowi.

(Sumber: BeritaSatu.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »