Opini

Lifestyle

Sports

Laborkes Sumbar Belum Bisa Lakukan Tes Swab Covid-19, Ini Kendalanya

          Laborkes Sumbar Belum Bisa Lakukan Tes Swab Covid-19, Ini Kendalanya
Laborkes Sumbar Belum Bisa Lakukan Tes Swab Covid-19, Ini Kendalanya.
BENTENGSUMBAR.COM - Wakil Gunernur Provinsi Sumatera Barat ( Sumbar) Nasrul meninjau Unit Pèlaksana Teknis Daerah (UPTD) laboratorium kesehatan yang terletak di Jalan Gajah Mada Nanggalo Padang, Kamis, 25 Juni 2020.

"Kita cukup senang ada UPTD laboratorium kesehatan, yang bisa melakukan analisis berbagai penyakit dalam pelayanan kesehatan. Untuk cek swab Covid- 19, tentu tinggal penambahan alat viciar dan bantuan berbagi pengalaman dr. Andani dalam memaksimalkan potensi labor ini," ujarnya.

Dikatakan Nasrul Abir, pihaknya belum tahu kapan pandemi wabah virus corona ini berakhir. Tentunya mempersiapkan labor kesehatan ini menjadi sesuatu yang baik dalam menyangga Labor FK Unand yang saat ini telah memperlihatkan prestasi swab covid terproduktif di Indonesia.

"Tidak ada salah laborkes Sumbar ini juga disiapkan dalam memeriksa penyakit lainnya bisa dapat lebih profesional. Mereka punya tenaga yang profesional juga dibidangnya," ujar Nasrul Abit.

Nasrul Abit mengatakan, soal ketiadaan alat viciar untuk swab covid, nanti akan disampaikan kepada Gubernur dan dikoordinasikan dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi.

Ķepala UPTD Labor Kesehatan Provinsi Sumatera Barat dr. Yun Efinita, MM., menjelaskan, saat ini labor kesehatan ini telah memiliki SDM keilmuan labor spesialis ahli mikro biologi dan beberapa dokter lainnya.

"Kami senang dan bangga sekali pak Wagub Sumbar datang ke labor ini. Secara SDM kita memiliki ahli mikro biologi yang memang sebagai tenaga profesional di labor kesehatan ini. SDM kita mampu melakukan test swab, namun saat ini kita terkendala alat viciarnya yang belum ada," ungkapnya.

Ia juga mengatakan, pihaknya memiliki ruangan dan peralatan yang cukup dalam memberikan pelayanan labor kesehatan di Sumatera Barat, namun untuk wabah virus covidnya ini, pihaknya belum punya alat viciarnya.

"Secara prinsip kita siap berkaloborasi dengan labor FK Unand dalam mengatasi kebutuhan swab covid, karena ini wabah ini belum dalat diprediksi akan berakhir, kami yakin dengan adanya alat viciar akan mampu membuat labor provinsi Sumbar dapat berkembang dimasa datang," ungkapnya.

(Zardi)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *