Update Covid-19 Sumbar: 13 Orang Positif, Semuanya dari Cluster Pasar Raya

BENTENGSUMBAR.COM - Gencarnya tes swab yang dilakukan Pemerintah Kota Padang di Pasar Raya menuai hasil dengan banyaknya pasien positif dari Cluster Pasar Raya yang bertujuan memutus mata rantai penyebaran Covod-19.

Seperti pada hari ini, Jumat, 5 Juni 2020, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Barat kembali melaporkan penambahan pasien positif yang semuanya berasal dari Cluster Pasar Raya.

"Berdasarkan 708 spesimen diterima dan terperiksa, terkonfirmasi tambahan warga Sumbar positif terinfeksi Covid-19 sebanyak 13 orang dan semuanya dari Kota Padang masih dari Cluster Pasar Raya," ungkap Jasman Rizal, Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Barat, melalui laporan tertulisnya, Jumat, 5 Juni 2020.

Dikatakan Jasman, laporan itu merujuk kepada Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Bukittinggi dibawah pimpinan dan penanggungjawab Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc pada Jumat, 05 Juni 2020 pada pukul 08.00 WIB.

"Total warga Sumbar yang telah terkonfirmasi positif sampai hari ini adalah 607 orang," terang Kepala Dinas Kominfo Sumatera Barat ini.

Disamping ada warga yang positif Covid-19, Jasman juga mengungkap penambahan warga yang sembuh sebanyak 6 orang.

"Juga terkonfirmasi penambahan warga sembuh sebanyak 6 orang. Total yang telah sembuh 318 orang (52,4%). Ini merupakan persentase kesembuhan tertinggi secara nasional," ujarnya.

Tak hanya itu, Jasman juga melaporkan adanya satu orang pasien positif yang mengalami kematian gara-gara serangan virus jahat asal Kota Wuhan, China tersebut.

"Disamping itu juga ada tambahan 1 pasien positif yang dirawat di RS Yos Sudarso meninggal dunia. Warga Kota Padang, umur 78 tahun, sakit bawaannya adalah diabetes. Sehingga total warga Sumbar terpapar Covid-19 yang meninggal dunia adalah 26 orang (4,28%)," urainya.

Jasman mengatakan, pasien positif yang masih dirawat diberbagai rumah sakit, isolasi mandiri dirumah, yang masih menunggu kesembuhan dan lain-lain, totalnya 263 orang (43,32%).

"Untuk rincian lebih lanjut akan kami sampaikan nanti sore," tegas mantan Kepala Biro Humas Setdaprov Sumbar ini.

(by)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »