Update Covid-19 Sumbar: Penambahan Kasus Positif dari Kota Solok dan Solsel, Kota Padang Kembali Nihil

BENTENGSUMBAR.COM - Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sumatera Barat kembali melaporkan perkembangan terbaru data Covid-19 Sumatera Barat pada Rabu, 24 Juni 2020.

"Dari 936 sample swab yang dikirim berbagai rumah sakit di Sumbar berdasarkan hasil survailance, sementara sampai pukul 05.00 WIB terkonfirmasi sample positif sebanyak 3 orang," ungkap Jasman Rizal, Juru Bicara Penanganan Covid-19 Sumbar.

Dikatakan Jasman, data itu merujuk kepada laporan Tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso dibawah pimpinan dan penanggungjawabnya Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc.

Dikatakan Jasman, penambahan 3 kasus positif baru tersebut berasal dari Kota Solok 2  orang dan Kabupaten Solok Selatan 1 orang.

"Juga terkonfirmasi sembuh bertambah 10 orang," ujar Kepala Diskominfo Sumbar ini.

Disebut Jasman, total warga sumbar positif terinfeksi Covid-19 hari ini  adalah 715 orang. Dari 715 orang itu, total kesembuhan adalah 535 orang (74,83%), meninggal dunia 30 orang (4,19%) dan dirawat di Rumah sakit dan Isolasi Mandiri sejumlah 150 orang (20,98%).

"Berdasarkan data sementara tersebut diatas dan data beberapa minggu terakhir, dapat kita simpulkan bahwa pertambahan positif sudah sangat sedikit, pertambahan kesembuhan persentasenya dari hari ke hari semakin meningkat dan orang yang meninggal dunia akibat Covid-19 pun beberapa minggu terakhir tidak ada lagi," katanya.

Jasman mengatakan, Kota Padang yang selama ini merupakan penyumbang terbanyak pasien positif di Sumbar, selama 4 hari berturut-turut tidak ada lagi terkonfirmasi warganya positif terinfeksi Covid-19.

"Untuk itu patut rasanya kita bersyukur kepada Allah SWT atas perkembangan baik ini. Terkhusus kepada tim lab dan semua tenaga kesehatan yang berjuang di berbagai rumah sakit, kita ucapkan terima kasih atas dedikasinya dalam percepatan penanganan covid-19 ini," pungkasnya.

Namun itu semua, kata Jasman, tak lepas dari komitmen seluruh stakeholder dan disiplin masyarakat mematuhi segala protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

"Tetaplah jaga kesehatan dan marilah kita konsisten dan disiplin mematuhi semua protokol kesehatan dimaksud," ajaknya.

"Untuk keterangan dan rincian lain dan atau jika ada perobahan data, nanti sore akan kami sampaikan secara lengkap," katanya.

(by)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »