Wawako Erwin: Hikmah Kampung Tangguh, SDM Kita Jadi Produktif

BENTENGSUMBAR.COM - Wakil Wali Kota Erwin Yunaz bergotong-royong bersama warga di Kecamatan Payakumbuh Timur guna mempersiapkan kampung tangguh di Kelurahan Payobasung, Minggu, 14 Juni 2020.

Turut hadir Camat Payakumbuh Timur Irwan Suwandi, Lurah Payobasung Ade Vianora, Lurah Balai Jariang Ronal Sutan Parmato, serta beberapa anggota karang taruna kecamatan setempat. 

Dikatakan, persiapan kampung tangguh di Payakumbuh ini adalah sebagai awal dari gerakan tatanan nomal baru produktif aman Covid-19 (TNBPAC). 

Hebatnya juga, kampung tangguh diharapkan tak hanya kuat memproteksi warga dari penularan Corona, namun juga kuat swadayanya.

Pemanfaatkan pekarangan rumah atau kelompok dengan membuat Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), dimana detiap KK di halaman rumahnya mampu bercocok tanam, meskipun hanya dengan polyback. Atau membuat kolam ikan dari terpal. 

"Nantinya warga punya sayur, bawang, dan cabe di halaman rumahnya, bila mereka mau bahkan buah-buahan untuk menambah imunitas tubuh juga bisa ditanam," kata Wawako Erwin Yunaz.

Terlebih lagi, saat dicanangkan bersama Duet Riza- Erwin, bersama Forkopimda, ada 3 kampung tangguh sebagai pilot ini diharapkan menjadi percontohan bagi kelurahan lainnya.

"Hikmah dari pembentukan kampung tangguh disini adanya pemberdayaan masyarakat, meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk lebih produktif dan tidak kesulitan memenuhi kebutuhan pangan keluarga mereka, bahkan saat Covid-19 sudah hilang nanti sekalipun," kata Erwin Yunaz.

(Hermiko/rel)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »