Bukan Keturunan Nabi, Mahfud MD juga Dipanggil Habib

BENTENGSUMBAR.COM - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD menyebut tidak semua orang yang dipanggil dengan sebutan ‘habib’ merupakan keturunan Nabi Muhammad SAW. Dirinya pun pernah dipanggil dengan sebutan habib.

Kisah itu dibagikan Mahfud dalam akun Twitter-nya beberapa waktu lalu. Mahfud ketika itu merespons kontroversi panggilan habib. Sebab, ada beberapa figur yang dipanggil dengan sebutan tersebut, namun ternyata berurusan dengan hukum.

Mahfud menerangkan, panggilan 'habib' sesungguhnya ditujukan kepada seseorang yang dihormati. Dengan kata lain, habib bisa berarti ‘yang terhormat’.

“Banyak orang tak paham arti habib. Habib itu sebutan hormat dan sayang kepada seseorang. Misal kepada rektor, menteri, dirut PJKA. Tak semua yang dipanggil habib keturunan Nabi,” kata Mahfud, dikutip Senin, 16 November 2020.

Menurut mantan ketua Mahkamah Konstitusi ini, keturunan Rasulullah terbagi dua, dari jalur Hasan dan Husein. Dari jalur Hasan, disebut Syarif (jika laki-laki) atau Syarifah (bila perempuan).

Adapun dari jalur Husen disebut Sayyid (laki-laki) dan Sayyidah (perempuan). Untuk diketahui, Hasan dan Husein merupakan cucu Rasulullah. Mereka putra dari pasangan Ali bin Abi Thalib dan Fatimah Az Zahra (putri Rasulullah).

Mahfud menceritakan, dirinya pun kerap dipanggil dengan sebutan habib. Bahkan panggilan itu didapatnya di Arab Saudi.

“Saya saja keturunan wong ndeso di Madura. Tapi kalau ke Saudi dan ketemu orang sering dipanggil habib. Pernah pula mendapat surat dalam Bahasa Arab yang ditujukan kepada Alhabib Mahfud,” ujarnya.

Panggilan 'habib' kembali jadi perbincangan setelah budayawan Emha Ainun Nadjib alias Cak Nun tidak mau menyebut pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dengan panggilan habib. Menurut dia, paling tepat panggilan bagi HRS yaitu syarif.

Sumber: Inews

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »