Gubernur Irwan Prayitno Serahkan Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik ke Andre Rosiade

Gubernur Irwan Prayitno Serahkan Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik ke Andre Rosiade
BENTENGSUMBAR.COM - Gubernur Provinsi Sumatera Barat Irwan Prayitno menyerahkan penghargaan Keterbukaan Informasi Publik 2020 kepada anggota DPR RI Andre Rosiade, Rabu, 25 November 2020. 


Selain Andre Rosiade, penghargaan itu juga diserahkan kepada delapan orang lainnya, yaitu Dr.dr Andani Eka Putra, Hj. Nevi Zuairina (Anggota Komisi VI DPR RI), Prof Ganefri (Rektor UNP), Surfa Yondri ST, SST, M.Kom, Yuen Karnova (Sekda Bukittinggi), Erizon MT (Sekda Pessel), Supardi (Ketua DPRD Sumbar), dan Irfendi Arbi (Bupati Limapuluh Kota). 


Pada kesempatan itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno menyampaikan apresiasi kepada KI Sumbar, di tengah kondisi menghadapi pandemi Covid-19 masih aktif mendorong masyarakat untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru. 


Melalui kebiasaan baru ini KI Sumbar dituntut untuk tetap memberikan layanan informasi publik secara optimal kepada masyarakat luas. 


"Keterbukaan Informasi merupakan sebuah keniscayaan bagi badan publik untuk menyampaikan informasi kemasyarakat," kata Irwan Prayitno.


Meskipun begitu, ada informasi yang dikecualikan, seperti rahasia negara, termasuk rahasia jabatan. Memang tidak semuanya harus tertutup, namun harus tetap dalam semangat transparansi demi terwujudnya clean government dalam pengelolaan badan publik.


Irwan Prayitno mengapresiasi semakin banyaknya badan publik yang memiliki predikat informatif. Hal itu tak terlepas dari semakin baik dan transparannya dalam pengelolaan keuangan negara.


"Kita di Sumbar termasuk baik dalam keterbukaan informasi kepublik. Bahkan ada beberapa badan publik yang tiap tahun mendapat anugerah sebagai badan publik informatif," jelasnya.


Dalam acara yang bertajuk Masyarakat Cerdas, Badan Publik Informatif Walau di Masa Pandemi, Secara tegas gubernur juga menyampaikan bahwa secara nasional, dua badan publik di Sumbar telah mendapat predikat informatif dari Komisi Informasi Pusat yaitu Pemprov Sumbar dan Universitas Negeri Padang.


Di Sumbar ada 16 Badan Publik yang selalu memberikan informasi ke publik. Tentunya ada yang terunggul dalam penyampaian ke publik. Untuk itu Gubernur Sumbar memberikan apresiasi kepada perorangan yang tetap masif memberikan informasi.


"Karena itu kita minta semua badan publik, terbukalah terhadap semua informasi karena keterbukaan informasi sebagai wujud transparansi kita dalam mengelola keuangan negara," ucapnya.


Gubernur Irwan Prayitno berharap KI Sumbar pada acara Anugerah Keterbukaan Informasi Publik ini merupakan kinerja terukur dalam percepatan informasi. Selain itu untuk motivasi agar semua informasi tersampaikan ke publik sesuai aturan.


(Nov)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »