Ini Dampak Investasi Terhadap Percepatan Penurunan Angka Kemiskinan, Pembangunan dan Daerah Tertinggal di Sumbar

Ini Dampak Investasi Terhadap Percepatan Penurunan Angka Kemiskinan, Pembangunan dan Daerah Tertinggal di Sumbar
BENTENGSUMBAR.COM - Salah satu program unggulan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Irwan Prayitno-Nasrul Abit adalah percepatan penurunan angka kemiskinan, pembangunan dan daerah tertinggal.


Investasi di suatu daerah tentu saja sangat berpengaruh terhadap penurunan angka kemiskinan, pembangunan dan daerah tertinggal. 


Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sumbar Maswar Dedi mengatakan, salah satu faktor penyebab kemiskinan adalah tingkat pengangguran dan jumlah pendapatan per kapita. 


"Peningkatan investasi di Sumatera Barat diharapkan dapat menyerap banyak tenaga kerja sehingga dapat mengurangi tingkat pengangguran dan meningkatkan jumlah pendapatan per kapita," ungkapnya kepada BentengSumbar.com. 


Dikatakannya, investasi dalah jumlah besar yang menyerap banyak tenaga kerja juga dapat menimbulkan multiplier effect terhadap pembangunan daerah sekitarnya.


"Seperti tumbuhnya pusat-pusat ekonomi baru, pasar, pertokoan, rumah makan, dan lain-lain," katanya.


"Dan hal ini juga memberikan dampak terhadap peningkatan pendapatan masyarakat di sekitar lokasi proyek investasi dan pada akhirnya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," tukuknya.  


Sedangkan untuk pembangunan dan daerah tertinggal, ujar Maswar Dedi lagi, diharapkan lebih banyak peran pemerintah dibandingkan peran swasta, yaitu peningkatan investasi pemerintah dalam hal pembangunan infrastruktur, seperti akses jalan/transportasi, akses komunikasi, air bersih, irigasi, kesehatan, pendidikan, dan pelayanan lainnya untuk memudahkan masyarakat di daerah tertinggal melakukan aktivitas ekonomi dan sosial. 


(by/hms-sumbar)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »