Mirip Pidato Jokowi, Ketum MUI Miftachul Akhyar: Dakwah Ulama Merangkul, Bukan Memukul

Mirip Pidato Jokowi, Ketum MUI Miftachul Akhyar: Dakwah Ulama Merangkul, Bukan Memukul
BENTENGSUMBAR.COM - Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) periode 2020-2025, Miftachul Akhyar, menyampaikan sejumlah pesan saat berpidato di acara penutupan Munas X MUI, Jumat, 27 November 2020.


Dilansir Tempo, Miftachul berpesan bahwa tugas ulama adalah berdakwah tanpa mengejek. 


"Merangkul, bukan memukul. Menyayangi bukan menyaingi. Mendidik bukan membidik. Membina bukan menghina. Mencari solusi bukan mencari simpati. Membela bukan mencela. Tugas-tugas ini saya harapkan dalam periode perkhidmatan kita, ini akan mewarnai dalam kehidupan kita semuanya. Umat sedang menunggu apa langkah kita," ujarnya, Jumat, 27 November 2020.


Dalam menyampaikan dakwah, kata Miftachul, ulama harus mengedepankan kasih sayang. 


"Ini harapan Islam pada kita-kita, terutama para penanggung jawab keulamaan untuk memberikan pencerahan kepada umat. Mereka yang melihat umat dengan mata kasih sayang. Manakala menjadi sesuatu, mari cari penyebabnya, bukan hanya kita memvonis tanpa ada klarifikasi," ujarnya.


Pesan-pesan Miftachul kurang lebih juga serupa dengan pidato Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat membuka acara Munas X MUI secara virtual pada Rabu malam, 25 November 2020.


Dalam pidatonya, Jokowi menyebut pemerintah mendukung penuh ikhtiar MUI mewujudkan Islam rahmatan lil ‘alamin dalam kehidupan bangsa yang majemuk. 


Corak keislaman di Indonesia, kata Jokowi, identik dengan pendekatan dakwah kultural yang persuasif dan damai, tidak menebar kebencian, jauh dari karakter ekstrem dan merasa benar sendiri.


"Hal ini menunjukkan bahwa semangat dakwah keislaman kita adalah merangkul, bukan memukul. Karena hakikat berdakwah adalah mengajak umat ke jalan kebaikan sesuai akhlak mulia Rasulullah SAW," kata Jokowi lewat video konferensi, Rabu, 25 November 2020.


(o)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »