Opini

PARLEMEN

Sports

Sumbar Juara Umum MTQ Nasional ke-28, Plt Wako Hendri Septa Ikut Bangga dan Bersyukur

          Sumbar Juara Umum MTQ Nasional ke-28, Plt Wako Hendri Septa Ikut Bangga dan Bersyukur
Sumbar Juara Umum MTQ Nasional ke-28, Plt Wako Hendri Septa Ikut Bangga dan Bersyukur.

Sumbar Juara Umum MTQ Nasional ke-28, Plt Wako Hendri Septa Ikut Bangga dan Bersyukur
BENTENGSUMBAR.COM - Plt Wali Kota Padang Hendri Septa, mengaku ikut bersyukur dan bangga atas suksesnya Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) meraih juara umum pada ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-28 tahun 2020.


Adapun posisi kedua diraih oleh Provinsi DKI Jakarta dan juara ketiga Provinsi Jawa Timur. Hasil itu diumumkan Ketua Dewan Hakim MTQ Nasional 2020 Roem Rawie dalam kegiatan penutupan yang dilangsungkan di pelataran parkir Masjid Raya Sumbar, Jumat malam, 20 November 2020.


"Alhamdulillah, kita di jajaran Pemerintah Kota Padang tentu ikut bersyukur dan bangga atas torehan prestasi ini. Karena tidak saja dinilai sukses menjadi tuan rumah, Sumbar juga mampu menyabet gelar juara umum pada MTQ Nasional ke-28 ini," ungkap Hendri Septa sewaktu ditemui usai kegiatan penutupan.


Terlihat hadir di kesempatan itu, selain Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Dirjen Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Muhammad Agus Salim, Dirjen Penerangan Agama Islam Juraidi dan Dirjen BiMas Islam sekaligus Ketua LPTQ Pusat Kamarudin Amin serta beberapa gubernur, bupati/walikota dan para kafilah dari berbagai daerah se-Indonesia. Juga hadir perwakilan Kedutaan Besar Negara Arab Saudi.


Plt Wali Kota Padang itu melanjutkan, prestasi ini merupakan prestasi yang luar biasa. Menurutnya, para qori dan qori'ah asal provinsi yang dikenal dengan filosofi Adat Basandi Syara'-Syara' Basandi Kitabullah (ABS-SBK) itu, telah berjuang keras sejauh ini patut menerima hasil yang lebih.


"Alhamdulillah, doa kita semua telah dikabulkan oleh Allah SWT hari ini. Untuk itu, atas nama Pemerintah Kota Padang sekali lagi kami mengucapkan selamat dan terima kasih kepada qori dan qori'ah Sumbar yang juga beberapa diantaranya berasal dari Kota Padang yang mampu membuat rekor indah dan harum nama Sumbar di kancah nasional. Semoga ke depan mampu menjaga prestasi ini," tuturnya.


Lomba keagamaan yang berlangsung selama 12-20 November 2020 dengan diikuti kafilah dari 32 provinsi se-Indonesia itu, resmi ditutup Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin secara virtual.


Penutupan MTQ Nasional ke-28 berlangsung lancar dan meriah. Hadirin pun terlihat antusias menyaksikan serangkaian prosesi kegiatan penutupan, namun tetap mengacu pada protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.


Dalam amanat sembari menutup MTQ Nasional ke-28, Wapres Ma'ruf Amin menyampaikan beberapa hal. Diantaranya ia berharap, melalui pergelaran MTQ akan terus melahirkan generasi emas yang terikat dengan Al-Qur'an demi kemaslahatan umat dan bangsa Indonesia hingga masa-masa mendatang.


“Melalui MTQ semoga akan terus lahir generasi-generasi emas yang hatinya terikat dengan Al-Qur'an, tetapi juga memiliki semangat untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta terus berinovasi untuk kemaslahatan umat dan bangsa,” kata mantan Ketua MUI itu.


Wapres menjelaskan, sejatinya MTQ merupakan salah satu momen umat Islam merefleksikan Al-Qur'an dengan membaca dan memahaminya sesuai standar yang disusun para ulama. Begitu juga MTQ mempunyai nilai strategis dalam rangka mendorong umat Islam untuk lebih memahami isi Al-Qur'an.


Terakhir, Wapres memberikan ucapan selamat kepada para pemenang dan seluruh kafilah dari 32 provinsi se-Indonesia yang telah mengikuti MTQ Nasional ke-28 di Sumbar.


"Selamat buat Sumbar yang sukses menjadi tuan rumah dan juga keluar sebagai juara umum pada MTQ Nasional ke-28 ini. Perlu kita ketahui, di samping mendapatkan prestasi pada ajang ini, namun yang paling penting adalah bagaimana kita di negara ini senantiasa membumikan Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari," ujar Wapres.


Sementara itu Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dalam sambutannya mengatakan, gelar juara umum di ajang MTQ Nasional ini merupakan pertama kalinya yang diraih oleh Sumbar. Hal tersebut tentu menjadi kebanggaan terbesar bagi masyarakat Sumbar.


"Prestasi ini adalah kado terindah bagi publik Sumatera Barat. Untuk itu kami mengucapkan selamat dan terima kasih kepada para kafilah dan semua pihak yang mendukung baik dalam segi penyelenggaraan, maupun dalam setiap perlombaan. Semoga kerjasama dan sinergi yang terbangun dengan baik ini dapat terjaga sampai kapanpun," harap Gubernur Irwan.


Pada MTQ kali ini diketahui, Sumbar diperkuat 54 orang kafilah. Setelah mengikuti perlombaan dan berjuang di babak penyisihan, sebanyak 23 orang kafilah Sumbar berhasil lolos ke babak final.


(David)

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...

Enter your email address. Its free!

Delivered by FeedBurner

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *