IPW Duga Ada Tarik Menarik Elite Kekuasaan soal Pengganti Idham Azis

IPW Duga Ada Tarik Menarik Elite Kekuasaan soal Pengganti Idham Azis
BENTENGSUMBAR.COM - Indonesia Police Watch (IPW) menduga ada tarik menarik elite kekuasaan terkait siapa nantinya pengganti Kapolri Jenderal Idham Azis. Nama pengganti Kapolri belum diserahkan hingga kini.


Hal tersebut disampaikan Ketua Peresedium IPW Neta S Pane lantaran hingga sekarang Presiden Jokowi belum juga menyerahkan Surat Presiden (Surprise) kepada DPR RI.


“Situasi ini memunculkan berbagai spekulasi adanya tarik menarik di elit kekuasaan tentang penunjukan Kapolri baru,” ujar Neta, dilansir dari Pojoksatu.id, Senin, 11 Januari 2021.


Kendati demikian, IPW mengaku dapat informasi bahwa Surpres yang berisikan nama Kapolri baru itu akan dikirimkan Jokowi ke DPR pada Rabu 13 Januari 2021.


Menurut Neta, ini berkaitan dengan kebiasaan Jokowi yang kerap menunjuk atau mereshuffle kabinetnya pada hari Rabu pahing atau legi, dan Rabu lusa adalah Wage.


“Surpres soal kapolri baru itu akan dibawa Mensesneg Pratiknyo dan diserahkan langsung kepada Ketua DPR Puan Maharani pada Rabu 13 Januari 2021 pukul 11.00 siang,” ungkapnya.


“Siapa yang bakal menjadi Kapolri? Yang tahu persis hanya Presiden Jokowi karena soal kapolri adalah hak prerogatifnya,” sambungnya.


Akan tetapi, ungkap Neta S Pane, sejak beberapa pekan lalu ia juga mendapatkan informasi bahwa akan ada gagasan dari lingkungan Istana Kepresidenan untuk membuat satu paket pergantian Kapolri dan Wakapolri.


Yakni menaikkan Wakapolri Komjen Gatot Eddy menjadi Kapolri pengganti Idham Azis dan sekaligus mendorong Kabareskrim Komjen Sigit menjadi Wakapolri menggantikan Gatot Eddy.


“Itu pantauan IPW, gagasan ini semakin serius dibahas kalangan Istana atau kalangan dekat Presiden Jokowi menjelang penyerahan nama Kapolri baru ke DPR pada Rabu lusa,” pungkasnya.


(by)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »