LSP Kapolri Pilihan Jokowi, LAKSAMANA: Jokowi Tak Mau Kompromi soal Pilihan Hatinya

BENTENGSUMBAR.COM - Meskipun belum dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi), calon Kapolri baru pilihan Jokowi jatuh kepada Komjen Pol. Listyo Sigit Prabowo (LSP) yang saat ini menjabat sebagai Kabareskrim Mabes Polrii yang namanya bakal diajukan Presiden Jokowi ke DPR dan akan segera dilakukan fit and proper test.

"Selamat buat Kapolri baru pilihan Jokowi, dugaan publik hampir tak meleset sebab beberapa analisa dan faktor yang mendasar kenapa Jokowi harus memilih LSP jadi Kapolri, yang tak dapat dipungkiri ialah faktor kedekatan (chemistry) dan dapat bekerjasama, karena LSP mantan ajudan presiden Jokowi," ujar pengamat politik Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Studi Masyarakat dan Negara (LAKSAMANA), Samuel F. Silaen kepada wartawan di Jakarta, Rabu, 13 Januari 2021.

Bicara chemistry, kata Silaen, memang tak terjadi satu malam, minggu, bulan tapi proses tahunan yang dimulai dari LSP Kapolres Solo, jadi faktor inilah penentu LSP dipilih oleh presiden Jokowi. 

"Lebih dari itu, LSP juga sosok Polri yang mumpuni secara jenjang kepangkatan, yakni profesional dan berintegritas tinggi, "ungkap alumni Lemhanas Pemuda tahun 2009 itu.

Prediksi Silaen, pilihan Jokowi tentu saja tak mulus atau lempeng begitu saja, dalam memilih dan menentukan LSP menjadi Kapolri.

"Pengamatan saya, ada tekanan psikologis terkait soal keyakinan LSP dan ada juga titipan calon yang disorongkan ke Jokowi. Tapi Jokowi tak mau kompromi soal pilihan hatinya," sebut Silaen ini ciri khas tersendiri Jokowi tak mau didikte.

Dikatakan Silaen, beruntung LSP yang sempat jadi ajudannya. "Jadi tak perlu butuh waktu untuk menyesuaikan diri dengan cara kerja atau apa yang dibutuhan presiden didalam menjalankan tupoksinya sebagai Kapolri, atas nama kepentingan negara, untuk menjaga keamanan, ketertiban umum dan penegakan hukum yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, "beber aktivis organisasi kepemudaan itu.

Silaen melihat, Presiden Jokowi tak pernah mundur atau tergoda dengan bujukan orang lain, jika dia sudah yakin dan percaya maka apapun kata orang lain tak dia hiraukan atau tak pedulikan, tetap kekeuh pada pendiriannya.

"Semoga LSP tak mengecewakan presiden Jokowi didalam menjalankan tugasnya sebagai Kapolri baru harus sungguh- sungguh, selamat bertugas," tandas Silaen.

(by)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »